Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Senin, 05 Juli 2021 - 10:05 WIB
loading...
A A A
+ Plastik sangat murah. Dari entry level, mid-range, sampai flagship entry level tetap memkai plastik. Faktor lainnya, daya tahannya. Jatuh, terbentur, tidak ada masalah. Bodi plastik sangat tangguh.

Plastik bisa dirancang kuat, tapi masih bisa mengantar sinyal radio dengan baik. Plus lainnya adalah warna, desain, bentuknya bisa sangat variatif.

-Plastik tidak terasa mewah, karena memang tidak mewah. Tidak mewah saat digenggam, tidak mewah juga saat dipandang.

Kaca
Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Menggunakan kaca menambah biaya produksi ponsel. Terutama saat memakai Gorilla Glass yang tahan goresan itu. Semakin tinggi levelnya, semakin mahal pula biayanya.

+ Kelebihan bodi kaca membuat sinyal LTE, Wi-Fi, dan Bluetooth bisa terkirim dengan lancar tanpa perlu antena panjang. Bodi kaca juga terlihat sangat mewah, elegan, nyaman digenggam, dan cantik.

-Musuh kaca jelas benturan. Bodi kaca gampang pecah. Apalagi jika jatuh dari ketinggian. Bodi kaca juga mudah tergores dalam pemakaian, dan sangat mengganggu. Faktor lainnya, kaca juga licin dan magnet dari sidik jari yang kotor.

Keramik
Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Keramik adalah bahan baru yang hanya dipakai dikelas flagship. Salah satunya Xiaomi Mi 11 Ultra. Karakter keramik adalah lebih kuat dari kaca dan plastik, tidak korosi, lebih ringan dari logam, dan tidak mudah panas.

Sayangnya, bahan keramik juga sangat mahal, sangat sulit untuk diproduksi/dimanufaktur karena butuh alat khusus. Tidak semudah membentuk plastik atau logam.

+ Keramik memancarkan sinyal LTE, Bluetooth, dan Wi-fi dengan sangat lancar. Bahan ini juga relatif dingin karena mudah sekali melepas panas. Selain itu, keramik juga terlihat sangat mewah digenggam dan dipandang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3374 seconds (0.1#10.140)