Penemu Ponsel Menyesal dan Sedih, Masyarakat Kecanduan Smartphone

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:16 WIB
loading...
Penemu Ponsel Menyesal dan Sedih, Masyarakat Kecanduan Smartphone
Penemu ponsel menyesal karena masyarakata kecanduan HP. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Penemu ponsel pertama di dunia, Martin Cooper mengaku sedih melihat manusia sekarang ini begitu kecanduan terhadap ponsel. Hal ini ia ungkapkan dalam sesi wawancara dengan BBC Breakfast beberapa waktu lalu.

Pria berusia 92 tahun itu pun terkejut saat mendengar pembawa acara mengaku menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari untuk bermain ponsel. Ia lantas meminta pengguna ponsel mendapatkan kehidupan yang nyata.

BACA JUGA - Tips agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

"Anda yakin? Anda benar-benar menghabiskan lima jam sehari? Mulai sekarang dapatkan kehidupan!” katanya seperti dikutip dari New York Post, Selasa (5/7/2022).

Untuk diketahui, Cooper sendiri merupakan penemu Motorola DynaTAC 8000X, ponsel pertama di dunia. Ia berhasil menemukan benda yang dapat membuat manusia saling terhubung meskipun dalam jarak jauh itu pada tahun 1973.

Cooper telah bekerja di Motorola selama lebih dari dua dekade dan ia merasa frustrasi dengan semakin populernya ponsel.

“Orang-orang telah terhubung ke meja dan dapur mereka selama lebih dari 100 tahun, dan sekarang komunikasi bisa dilakukan dari jarak jauh, di mana kita menghabiskan 5% dari waktu kita?” kata Cooper.

Sebelum dia fokus pada mekanisme ponsel, Cooper membayangkan seperti apa perangkat itu, dengan mengatakan dia ingin ponsel itu cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku, tetapi cukup besar sehingga bisa masuk di antara telinga dan mulut.

Cooper ingin setiap orang memiliki nomor telepon mereka sendiri, yang sekarang dia sebut sebagai prestasi terbesarnya. Cooper dan timnya kemudian mendapat suntikan dana jutaan dolar untuk mengembangkan ponsel.

Hanya dalam waktu tiga bulan saja, Cooper dan tim sukses membuat ponsel pertama di dunia. Yang mana ponsel memiliki bobot 2½ pon dan panjangnya 10 inci. Perangkat ini mampu menelepon selama 25 menit dan membutuhkan 10 jam untuk mengisi daya.

Pada tanggal 3 April 1973, Cooper melakukan panggilan ponsel pertama kali menggunakan perangkat tersebut, memutuskan untuk menelepon pesaingnya, Joel Engel, yang bekerja sebagai kepala teknisi di AT&T. Ini dilakukan di hadapan wartawan di Midtown Manhattan, dengan Cooper menghubungi telepon rumah Engel.

"Joel, ini Marty. Saya menelepon Anda dari ponsel, ponsel portabel yang benar-benar genggam, ”katanya, ketika para wartawan menyaksikan dengan takjub.

Setelah berhasil diciptakan, ponsel tidak langsung dikomersialkan. Ponsel baru memasuki pasar satu dekade kemudian. Dirilis ke publik pada tahun 1983 dengan bandrol harga USD 3.995 atau sekitar Rp 60 jutaan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1192 seconds (10.101#12.26)