Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Senin, 05 Juli 2021 - 10:05 WIB
loading...
Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?
Selain kaca, logam, dan plastik polikarbonat, keramik menjadi bodi smartphone yang jadi tren untuk kelas flagship. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Dalam 10 tahun terakhir bodi smartphone relatif sama. Desain persegi, dengan layar lebar dan bezel tipis.

Memang ada yang mencoba inovasi-inovasi baru, misalnya kamera pop up, layar lipat, dan masih banyak lagi. Tapi, bodi ponsel bentuknya ya seperti itu. Rasanya sama semua. Benarkah?



Jika ditelisik lebih dalam lagi, ponsel entry level, mid-range, serta flagship tidak hanya bisa dibedakan dari spesifikasi jeroannya saja. Tapi, dari material bodi-nya.

Nah, ada tiga material utama yang banyak diadopsi pabrikan. Pertama, logam, kedua plastik polikarbonat, dan ketiga adalah kaca. Mana yang terbaik?

Logam
Umumnya logam yang dipakai adalah aluminium alloy karena sangat tipis dan ringan. Ada juga yang mengaplikasikan logam sebagian, misalnya di rangkanya saja. Sementara bodinya tetap plastik.

+ Yang jelas, keuntungan ponsel bodi logam adalah premium dan mewah. Selain itu, juga sangat modern. Enak dilihat, juga enak dipegang. Jika udara dingin, maka ponsel logam juga ikut terasa dingin saat dipegang.

-Kelemahan logam seperti alumunium adalah mudah sekali rusak bila terbentur. Dan itu tidak bisa diperbaiki. Terkadang jatuh dari kursi saja bisa membuat ponsel berubah bentuk.

Selain itu, logam juga lebih sulit mengalirkan sinyal LTE, Wi-FI, dan Bluetooth. Apalagi wireless charging. Faktor lainnya, ponsel logam bukan penghantar panas yang baik.

Plastik
Banyak pabrikan setiap pada plastik. Walaupun terkesan murahan, tapi tidak ada yang bisa melawan daya tahannya. Banyak pabrikan yang mengakali plastik jadi terlihat glossy atau mewah seperti kaca.

+ Plastik sangat murah. Dari entry level, mid-range, sampai flagship entry level tetap memkai plastik. Faktor lainnya, daya tahannya. Jatuh, terbentur, tidak ada masalah. Bodi plastik sangat tangguh.

Plastik bisa dirancang kuat, tapi masih bisa mengantar sinyal radio dengan baik. Plus lainnya adalah warna, desain, bentuknya bisa sangat variatif.

-Plastik tidak terasa mewah, karena memang tidak mewah. Tidak mewah saat digenggam, tidak mewah juga saat dipandang.

Kaca
Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Menggunakan kaca menambah biaya produksi ponsel. Terutama saat memakai Gorilla Glass yang tahan goresan itu. Semakin tinggi levelnya, semakin mahal pula biayanya.

+ Kelebihan bodi kaca membuat sinyal LTE, Wi-Fi, dan Bluetooth bisa terkirim dengan lancar tanpa perlu antena panjang. Bodi kaca juga terlihat sangat mewah, elegan, nyaman digenggam, dan cantik.

-Musuh kaca jelas benturan. Bodi kaca gampang pecah. Apalagi jika jatuh dari ketinggian. Bodi kaca juga mudah tergores dalam pemakaian, dan sangat mengganggu. Faktor lainnya, kaca juga licin dan magnet dari sidik jari yang kotor.

Keramik
Logam vs Plastik vs Kaca vs Keramik, Mana Bodi Smartphone Terbaik?

Keramik adalah bahan baru yang hanya dipakai dikelas flagship. Salah satunya Xiaomi Mi 11 Ultra. Karakter keramik adalah lebih kuat dari kaca dan plastik, tidak korosi, lebih ringan dari logam, dan tidak mudah panas.

Sayangnya, bahan keramik juga sangat mahal, sangat sulit untuk diproduksi/dimanufaktur karena butuh alat khusus. Tidak semudah membentuk plastik atau logam.

+ Keramik memancarkan sinyal LTE, Bluetooth, dan Wi-fi dengan sangat lancar. Bahan ini juga relatif dingin karena mudah sekali melepas panas. Selain itu, keramik juga terlihat sangat mewah digenggam dan dipandang.



-Ya, seperti halnya sebuah vas antik, keramik juga bisa pecah seperti kaca. Lebih mudah pecah dibandingkan logam dan plastik. Kendati sudah mendapatkan coating, tetap saja keramik masih bisa tergores. Faktor lainnya adalah mahal, dan licin dipegang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)