Penting, Ini Tips Backup Data Paling Efektif di Laptop dan Smartphone

Selasa, 30 Maret 2021 - 11:25 WIB
loading...
Penting, Ini Tips Backup Data Paling Efektif di Laptop dan Smartphone
Semakin sering melakukan back-up data di ponsel atau laptop, semakin baik. Tampak proses backup menggunakan USB di ponsel. Foto: Western Digital
A A A
JAKARTA - Momennya tepat sekali, yakni World Backup Day yang jatuh pada 31 Maret 2021 serta kebiasaan baru di masa pandemi yang mengharuskan orang untuk bekerja dan berkuliah dari rumah.

Faktanya, backup data semakin penting untuk dilakukan. Terlebih, 2 dari 3 orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data berharga dari smartphone.

Sementara tiga alasan utama yang paling sering menjadi penyebab kehilangan data di smartphone adalah kerusakan gadget (22%), tidak sengaja menghapus data (21%), dan serangan virus (18%).



Karena itu Western Digital memberikan 5 tips melakukan backup data yang paling praktis. ”Karena kehilangan perangkat elektronik memang menyebalkan, tapi kehilangan files yang berharga, seperti foto, dokumen, dan video, ini lebih sulit untuk digantikan,” tulis keterangan resmi mereka.

Berikut adalah tips dari Western Digital untuk mem-backup file di PC, tablet, maupun smartphone dengan aman dan mudah:

Atur backup data otomatis
Semakin sering melakukan back-up, semakin baik. Tapi jangan khawatir membuang banyak waktu, karena sekarang, ada banyak sekali solusi penyimpanan seperti cloud dan hard disk yang sudah memiliki fitur backup data otomatis.

Misalnya di hard disk WD My Passport dan My Passport Ultra, ada software WD Backup yang memudahkan pengguna menjadwalkan backup data otomatis, entah itu setiap beberapa hari, minggu, atau bulan sekali.

Buat pengarsipan yang rapi
Penting, Ini Tips Backup Data Paling Efektif di Laptop dan Smartphone

Simpan foto, video, dan dokumen-dokumen penting ke perangkat penyimpanan yang aman, seperti hard disk atau flash disk. Lalu, arsipkan semua data ini setiap 2 tahun sekali, dan jika memungkinkan, pindahkan semua arsip ke perangkat penyimpanan berbeda, setiap 3-5 tahun sekali.

Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kerusakan perangkat elektronik, sehingga cadangan file bisa selalu aman, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3008 seconds (0.1#10.140)