Apa Itu Slack dan Mengapa Banyak Orang Menyukainya?

Jum'at, 12 Februari 2021 - 07:53 WIB
loading...
A A A
Kurangnya ukuran perusahaan ini juga menguntungkan. Slack cukup kecil untuk menjadi responsif dan cepat ketika harus menambahkan fitur baru, seperti reaksi emoji (bagus untuk pengguna) dan otentikasi 2 faktor (bagus untuk admin). Bagi beberapa pengguna, fakta bahwa Slack tidak dimiliki oleh vendor tradisional besar sudah cukup menguntungkan, tetapi itu tidak menjelaskan mengapa Slack begitu populer.

Slack melakukan dua hal dengan sangat baik, yakni merancang dan memahami kebutuhan penggunanya. Pilar kembar ini adalah dasar dari sebagian besar produk bagus, tetapi secara mengejutkan sulit dilakukan dengan baik, seperti yang dibuktikan oleh banyak aplikasi yang gagal.

Desain awal dibuat oleh pendiri Slack, Stewart Butterfield (orang yang sama yang mendirikan Flickr di awal tahun 2000-an) dan timnya. Lalu diberikan kepada pihak ketiga bernama MetaLab untuk dipoles.

"Untuk mendapatkan perhatian di pasar yang ramai, kami harus menemukan cara untuk menarik perhatian orang. Sebagian besar perangkat lunak perusahaan terlihat seperti setelan pesta prom 70-an yang murah. Jadi, dimulai dengan logo, kami membuat Slack tampak seperti meriam confetti yang meledak. Warna biru elektrik, kuning, ungu, dan hijau semuanya. Kami memberinya skema warna video game, bukan produk kolaborasi perusahaan… warna-warna cerah, jenis huruf sans-serif melengkung, ikon ramah, serta wajah dan emoji yang tersenyum di mana-mana,” kata Andrew Wilkinson dari MetaLab.

Dalam artikel yang sama, Wilkinson berbicara tentang bagaimana perasaan Slack yang dibangun dengan baik saat Anda menggunakannya. Dan bagaimana konten, seperti memuat pesan, bersifat informal dan seringkali cukup lucu, menyimpulkan. "Ini adalah klien obrolan perusahaan yang sama di bawahnya. , tapi itu menyenangkan, menyenangkan untuk digunakan, dan semua itu bersatu untuk membuatnya terasa seperti karakter dalam hidup Anda,” ujarnya.

Saat Anda melihat elemen yang membentuk Slack, kemudahan penggunaan, dan keandalannya menonjol. Sangat mudah bagi pengguna non-teknis untuk mengetahuinya, terutama jika dibandingkan dengan alat obrolan grup lainnya, seperti Basecamp atau Microsoft Teams.

Selain itu, Anda dapat menjalankan instance Slack Anda sendiri secara gratis, bahkan untuk penggunaan pribadi. Dan jika Anda tidak menyukai tampilan "confetti cannon", Anda dapat dengan mudah mengubah warnanya.

Tetapi desain yang bagus tidak banyak berguna jika fungsinya tidak ada. Obrolan relatif mudah dilakukan, itulah sebabnya sebagian besar aplikasi obrolan mengikuti format dasar yang sama, jendela untuk melihat percakapan, dan tempat untuk mengetik, di bawah atau di samping.

Di sinilah perhatian Slack terhadap persyaratan penggunanya berperan. Alih-alih menemukan kembali roda obrolan, mereka berfokus pada apa yang diinginkan orang dari aplikasi obrolan di atas persyaratan dasar untuk saling mengirim pesan.

Salah satu nilai jual Slack yang paling menonjol adalah saluran pribadi dan DM tidak dapat dibaca oleh administrator Slack, tanpa persetujuan terbuka dari anggota atau pesan yang dikirim ke semua pengguna yang mengatakan bahwa ekspor pesan telah terjadi. Hal ini memberikan rasa privasi dan keamanan bagi pengguna yang tidak dimiliki oleh produk lain (terutama email).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)