Inilah Ant Group, Perusahaan Milik Jack Ma yang Ditakuti Pemerintah China

Senin, 04 Januari 2021 - 12:05 WIB
loading...
Inilah Ant Group, Perusahaan Milik Jack Ma yang Ditakuti Pemerintah China
Cengkraman Alipay, bagian dari Ant Group, ke sistem keuangan Tiongkok sangat dalam. Foto: dok. Reuters.
A A A
CHINA - Awal mula Ant Group diawali di 2004. Ketika Alipay menjadi layanan escrow untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Taobao, pasar online Alibaba.

Lalu, Jack Ma memisahkan Alipay dari Alibaba pada 2011. Ma, mengontrol 50,5% hak suara di Ant Group meski ia sendiri tidak pernah memegang posisi eksekutif atau manajerial di perusahaan.

BACA JUGA: Seru, Ternyata Ini Penyebab Seteru Jack Ma dengan Presiden China Xi Jinping...

Pada 2008, ketika dia menjadi CEO Alibaba, Jack Ma mengeluh di forum publik bahwa bank tradisional di China mengabaikan bisnis yang sangat membutuhkan pendanaan.

”Jika bank tidak berubah, kami akan mengganti bank,” kata Jack Ma saat itu. Ma memiliki visi Alipay bisa memberikan ”sistem pinjaman yang lebih komprehensif yang melayani kebutuhan usaha kecil,”.

Inilah Ant Group, Perusahaan Milik Jack Ma yang Ditakuti Pemerintah China

Jack Ma kecewa terhadap regulasi keuangan di China yang tidak berpihak pada UMKM dan rakyat kecil.

Pada 2013, sebagai chairman Alibaba, Jack Ma kembali mengkritik bank dan pemerintah China. Ia mengatakan di forum publik di Shanghai bahwa China tidak kekurangan bank atau lembaga keuangan. Tetapi, tidak ada lembaga keuangan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi China dalam dekade berikutnya. ”Industri keuangan China butuh disrupsi pihak luar untuk melakukan perubahan,” bebernya saat itu.

BACA JUGA: Jack Ma Berani Kritik Pemerintah China Karena Merasa Istimewa

Selanjutnya, Alipay membuat reksa dana pasar uang online yang dirancang untuk membantu individu mendapat hasil investasi dari uang tunai elektronik yang ada di dompet Alipay mereka. Produk itu sukses. Banyak orang memindahkan uang dari rekening bank mereka ke Alipay.

Pada 2014, Alipay bersama dengan bisnis keuangan Alibaba lainnya, dimasukkan ke dalam Ant Financial Services Group, perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Ant Group. Cengkraman Alipay ke sistem keuangan Tiongkok semakin dalam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1567 seconds (10.101#12.26)