PBB Sebut Houthi Siap Putus Jaringan Kabel Internet Bawah Laut

Selasa, 06 Februari 2024 - 09:51 WIB
loading...
A A A
Salah satu hubungan yang paling strategis adalah jalur sepanjang 25.000 kilometer yang melibatkan kawasan Asia-Afrika-Eropa (AE-1). Kabel bawah laut tersebut melintasi Asia Tenggara menuju Eropa melalui Laut Merah.

Analis keamanan di Forum Keamanan Teluk mengatakan dalam sebuah laporan pekan lalu bahwa kabel bawah laut masih aman karena Houthi kekurangan teknologi atau motivasi untuk menyabotase kabel tersebut.

“Houthi memiliki kemampuan untuk mengganggu transmisi di permukaan laut melalui serangan rudal dan drone, namun tidak memiliki alat untuk menjangkau kabel bawah laut,” kata pernyataan itu.

Namun mereka mengingatkan, di beberapa lokasi kabel tersebut berada di perairan dangkal dengan kedalaman kurang dari 100 meter dan tidak memerlukan kapal selam berteknologi tinggi untuk mencapainya.

Pada tahun 2013, tiga penyelam ditangkap di Mesir karena mencoba memotong kabel bawah laut di dekat pelabuhan Alexandria yang menyediakan kapasitas internet antara Eropa dan Mesir.

Menteri Penerangan Yaman di pemerintahan yang diakui PBB yang berbasis di Aden, Moammar al-Eryani, mengatakan milisi Houthi merupakan ancaman serius terhadap 'salah satu infrastruktur digital terpenting di dunia.

Dia menambahkan bahwa Houthi adalah kelompok milisi yang tidak membatasi tindakan mereka.

Sementara itu, juru bicara Houthi, Mohammed Abdul Salam mengatakan, milisi Houthi siap menggunakan taktik baru untuk menghentikan invasi Amerika-Inggris ke Yaman.

“Keputusan kami untuk mendukung Gaza adalah tegas dan berprinsip dan tidak akan terpengaruh oleh serangan apa pun. Terkait kemampuan militer Yaman, kami tekankan tidak mudah hancur dan terbukti mampu bertahan

“Daripada meningkatkan dan menyulut konflik baru di kawasan, Amerika dan Inggris sebaiknya tunduk pada kemauan internasional yang menuntut diakhirinya agresi Israel, mencabut blokade terhadap Gaza, dan berhenti melindungi Israel dengan mengorbankan rakyat Palestina,” ujarnya. dikatakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)