PBB Sebut Houthi Siap Putus Jaringan Kabel Internet Bawah Laut

Selasa, 06 Februari 2024 - 09:51 WIB
loading...
PBB Sebut Houthi Siap Putus Jaringan Kabel Internet Bawah Laut
Houthi menerbitkan peta kabel serat optik di sepanjang dasar Laut Merah.. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Perusahaan telekomunikasi milik pemerintah Yaman yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kemarin memperingatkan bahwa pemberontak Houthi akan menyabotase jaringan kabel internet bawah laut di Laut Merah.



Seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (6/2/2024), kabel sangat penting dalam operasi internet Barat dan transmisi data keuangan.

Peringatan itu diposting setelah saluran aplikasi Telegram yang terkait dengan kelompok Houthi menerbitkan peta kabel serat optik di sepanjang dasar Laut Merah.

Peta tersebut disertai dengan pesan: “Ada peta kabel serat optik internasional yang menghubungkan seluruh wilayah di dunia melalui laut. Ternyata Yaman berada di lokasi yang strategis karena adanya jalur internet yang menghubungkan seluruh benua melalui perairan tersebut (Laut Merah).”

Perusahaan Telekomunikasi Yaman mengatakan bahwa mereka telah melakukan upaya diplomatik dan hukum selama beberapa tahun terakhir untuk membujuk aliansi telekomunikasi global agar tidak berurusan dengan Houthi.

Menurutnya, tindakan tersebut akan memberikan pengetahuan kepada kelompok pemberontak dan milisi lainnya tentang cara kerja kabel bawah laut.

Diperkirakan Laut Merah bertanggung jawab atas 17 persen lalu lintas internet dunia melalui jaringan pipa serat optik.

Dalam sebuah pernyataan, Perusahaan Telekomunikasi Umum Yaman mengutuk ancaman milisi Houthi yang menargetkan kabel bawah laut internasional.

Peringatan tersebut melibatkan 16 kabel bawah laut di wilayah tersebut. Kabel tersebut memiliki ketebalan seperti pipa selang karet dan rentan terhadap kerusakan akibat jangkar kapal dan gempa bumi. Ia melintasi Laut Merah menuju Mesir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)