Lika Liku Perjalanan TikTok Shop di Indonesia, dari Awal Muncul, Ditutup, dan Dibuka Lagi

Rabu, 13 Desember 2023 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Hal tersebut juga membuat Kementerian Perdagangan merevisi peraturannya, Permendag Nomor 50 Tahun 2020 dengan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Peraturan itu diterbitkan pada September 2023 lalu menyusul kondisi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat yang menurut para pedagang sedang 'berdarah-darah' setelah dihantam gelombang pandemi Covid-19 dan kini digempur toko digital.


4. Buka Kembali

Rupanya penutupan tersebut tidaklah berlangsung lama, karena pada 12 Desember 2023, TikTok Shop resmi buka kembali dengan menggandeng e-commerce lokal GoTo.

Sebenarnya setelah di tutup, berbagai upaya telah dilakukan oleh TikTok demi kembali memunculkan fitur belanja tersebut di Indonesia. Misalnya dengan melakukan pembicaraan dengan marketplace lokal.

Hingga pada akhirnya usaha tersebut berbuah hasil setelah membuat kesepakatan dengan PT GoTo Gojek Tokopedia. Pada 11 Desember 2023, TikTok mengumumkan secara resmi menjalin kerja sama dengan GoTo melalui bisnis Tokopedia, untuk menghidupkan TikTok Shop.

Mereka juga mengumumkan jika penjual/seller sudah bisa mulai kembali mengakses Seller Center untuk mengeloladagangannya.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)