Spesifikasi Standar dan Harga Kamera VAR, Peralatan Penting dalam Pertandingan Sepak Bola

Senin, 22 Mei 2023 - 22:27 WIB
loading...
A A A
Ada beberapa hal penting dari kamera SDI. Pertama, kamera harus menyediakan soal sudut pandang yang dibutuhkan yang dibekali kontrol zoom dan fokus.

Kamera ini ada yang tersedia dengan harga murah, tapi tanpa lensa bawaan. Kemampuannya jelas lebih sederhana.

Sementara kamera yang dipasang di bawah atap arena untuk tampilan over-the-goal membutuhkan lensa zoom bawaan dengan dukungan kendali jarak jauh. Kamera SDI yang digunakan juga harus mampu beroperasi di stadion yang terkadang minim cahaya.



Tak heran, kebanyakan kamera SDI untuk video refereeing menggunakan shutter speed yang sensitif. Kecepatan rananya 1/100, 1/200, dan 1/500 tanpa algoritme Dynamic Noise Reduction yang dapat menyebabkan kesalahan visual.

Selain SDI, kamera PTZ juga cukup bagus untuk digunakan dalam sistem VAR. Pasalnya kamera PTZ punya lensa yang dapat dikontrol dan seringkali dibuat tahan air. Meski agak mahal, PTZ cocok untuk refereeing.

Hal yang agak sedikit berbeda pada kamera Super Slow Motion (SSM). Kamera ini butuh server yang lebih bertenaga dengan banyak saluran perekaman, prosesor lebih baik, dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Untuk soal harga kamera VAR ini tergantung dengan kualitasnya. Diketahui kamera VAR dengan harga murah pernah dipakai dalam Liga 3 tahun 2022. Harga satu set diperkirakan sekitar Rp100 jutaan.

Sementara itu ada juga kamera VAR dengan harga mencapai Rp9,8 miliar. Tentunya biaya yang begitu tinggi menghasilkan kinerja sistem yang lebih baik.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)