Keamanan Terancam, Warga AS Berbondong-bondong Gunakan Kamera Tubuh

Rabu, 13 Maret 2024 - 09:32 WIB
loading...
Keamanan Terancam, Warga AS Berbondong-bondong Gunakan Kamera Tubuh
Warga AS Berbondong-bondong Gunakan Kamera Tubuh. foto/DAILY
A A A
NEW YORK - Dahulu, kamera yang dipasang ditubuh umumya hanya digunakan para penegak hukum. Kini, banyak warga sipil di Amerika Serikat menggunakannya sebagai proteksi keamanan dalam situasi berbahaya.



Departemen Kehakiman AS mengatakan kamera yang dikenakan di tubuh biasanya digunakan oleh penegak hukum untuk meningkatkan keselamatan petugas dan mengumpulkan bukti berkualitas tinggi.

Kini, masyarakat umum dapat menggunakan versi yang lebih kecil dan lebih terjangkau dari perangkat tersebut untuk perlindungan mereka sendiri.

Salah satu contohnya adalah PhoneCam, kamera tubuh seukuran pemantik api sekali pakai yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dianggap sebagai pelindung keselamatan utama.

Seperti dilansir dari Reuters, perangkat ini dapat dengan mudah dipasang di pakaian dan diaktifkan setiap kali pengguna merasakan adanya bahaya.

Wouter Konings, pendiri dan CEO Slimdesign, perusahaan yang memproduksi PhoneCam, mengatakan, “Banyak pengemudi bus, misalnya, atau mereka yang sering berhadapan dengan kekerasan, tidak mampu membeli kamera tubuh karena harganya terlalu mahal, dan keseluruhan sistem yang harus disiapkan untuk mereka terlalu rumit. Jadi apa yang ingin kami lakukan hanyalah mengurangi kompleksitasnya."

PhoneCam dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna memulai rekaman langsung dengan hanya menekan tombol saat mereka merasakan bahaya.

Jika situasinya meningkat, mereka dapat menekan tombol tersebut untuk kedua kalinya untuk mengirimkan alarm atau peringatan tanda bahaya ke kontak darurat yang ditunjuk.

"Kami memanfaatkan teknologi ponsel Anda dan oleh karena itu kami dapat membuatnya jauh lebih kecil dan lebih terjangkau,” tegas Wouter

Perangkat ini dilengkapi sistem komunikasi audio dua arah dengan pihak yang menjadi kontak. Kontak itu dapat dengan cepat menerima kiriman langsung video dan mengetahui lokasi pengirimnya.

Tidak ada data yang menunjukkan berapa banyak warga sipil Amerika yang kini memanfaatkan kamera tubuh.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)