Spesifikasi Standar dan Harga Kamera VAR, Peralatan Penting dalam Pertandingan Sepak Bola

Senin, 22 Mei 2023 - 22:27 WIB
loading...
Spesifikasi Standar dan Harga Kamera VAR, Peralatan Penting dalam Pertandingan Sepak Bola
Peran kamera Video Assistant Referee (VAR) sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Foto/Sportstar
A A A
JAKARTA - Peran kamera Video Assistant Referee (VAR) sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Perangkat ini dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan secara tepat pada saat krusial.

Teknologi VAR ini telah diterapkan dalam beberapa ajang sepak bola internasional, termasuk pentas Piala Dunia. Kamera VAR biasanya berada pada titik-titik tertentu dalam stadion untuk merekam setiap kejadian di lapangan.

Wasit di lapangan akan dibantu oleh satu orang VAR dan tiga asisten VAR di ruangan khusus bernama Video Operation Room. Mereka akan mengawasi 33 kamera yang terpasang dengan 12 di antaranya punya kemampuan super slowmotion dan empat ultra slowmotion.



Dua kamera ultra slow ditempatkan di bagian belakang gawang, sementara dua lainnya mengawasi area offside. Lantas seperti apa spesifikasi kamera VAR ini?

Mengutip dari laman Slomo.tv, Senin (22/5/2023), sebelumnya kamera IP digunakan untuk VAR karena biaya yang rendah dan rangkaian produk yang luas. Kamera ini bisa terhubung dengan kabel twisted-pair standar.

Namun, belakangan kamera ini sudah jarang digunakan dalam video referee. Hal ini dikarenakan kamera IP tidak sinkron. Transmisi video melalui IP membuat tugas sinkronisasi aliran video sulit diterapkan.

Untuk itu, kamera ini kurang cocok untuk menganalisis momen yang berkaitan dengan waktu atau penentuan posisi objek pada titik waktu tertentu. Harganya yang lebih murah menyebabkan kamera mengeluarkan aliran video terkompresi dengan bitrate rendah. Lalu bagaimana syarat standar kamera VAR?



Sampai saat ini yang paling cocok untuk video refereeing adalah kamera yang mengeluarkan sinyal video tidak terkompresi secara real time. Jadi sebagian besar sistem VAR saat ini menggunakan kamera dengan output SDI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2916 seconds (0.1#10.140)