Berapa Harga VAR yang Dipakai di Liga 1 Indonesia?

Rabu, 29 Mei 2024 - 14:02 WIB
loading...
Berapa Harga VAR yang Dipakai di Liga 1 Indonesia?
Harga VAR yang digunakan oleh Liga 1 di Indonesia penting untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Di Liga 1 Indonesia, VAR mulai diterapkan pada musim 2023-2024 dengan tujuan meningkatkan akurasi dan keadilan dalam pengambilan keputusan wasit.

Perangkat VAR belakangan memang banyak disebut-sebut dipertandingan bola. VAR digunakan untuk meninjau empat jenis keputusan kunci dalam pertandingan sepak bola.

VAR (Video Assistant Referee) adalah sistem teknologi yang digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan penting selama pertandingan sepak bola.

VAR dapat meninjau apakah gol sah atau tidak, termasuk memeriksa kemungkinan offside, handball, atau pelanggaran lainnya.

Kemudian, VAR dapat meninjau apakah keputusan penalti sudah tepat atau tidak, termasuk memeriksa apakah pelanggaran terjadi di dalam atau di luar kotak penalti.

VAR juga dapat meninjau apakah keputusan kartu merah langsung sudah tepat atau tidak, termasuk memeriksa apakah pelanggaran cukup serius untuk mendapatkan kartu merah.

Selain itu, VAR dapat membantu wasit mengidentifikasi pemain yang melakukan pelanggaran jika wasit salah memberikan kartu kepada pemain yang salah.

Prosedur VAR
Berapa Harga VAR yang Dipakai di Liga 1 Indonesia?

- Kejadian di lapangan: Saat terjadi kejadian yang berpotensi memerlukan peninjauan VAR, wasit utama dapat meminta VAR untuk meninjau tayangan ulang.

- Peninjauan VAR: Wasit VAR akan meninjau tayangan ulang dari berbagai sudut dan memberikan rekomendasi kepada wasit utama.

- Keputusan akhir: Wasit utama memiliki keputusan akhir, apakah akan menerima rekomendasi VAR atau tidak. Wasit utama juga dapat memutuskan untuk melihat sendiri tayangan ulang di monitor VAR.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah membeli 15 perangkat VAR untuk digunakan di Liga 1. Biaya pembelian perangkat ini sudah lebih dari Rp100 miliar.



Selain itu, PT LIB juga mengadakan pelatihan untuk wasit dan operator VAR. Biaya pelatihan ini belum termasuk dalam angka Rp100 miliar yang disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, beberapa stadion mungkin perlu disesuaikan agar memenuhi standar penggunaan VAR. Dengan demikian, total biaya implementasi VAR di Liga 1 Indonesia dipastikan akan melebihi Rp100 miliar.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)
pixels