Manfaatkan Fitur Terlengkap Software Akuntansi dengan Jurnal.id

Senin, 25 Juli 2022 - 16:22 WIB
2. Penghematan Uang (Money Saving)

Jika menggunakan metode manual, perusahaan perlu merekrut banyak akuntan untuk mengelola setiap divisi keuangan. Selain itu, semua transaksi dan laporan juga harus dicatat dalam sebuah buku yang tentunya membutuhkan alat tulis dalam jumlah yang besar.

Hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar, terutama untuk menggaji setiap akuntan secara rutin. Adanya accounting software ini bisa mengurangi pengeluaran dari perusahaan dalam jumlah yang cukup signifikan. Perusahaan hanya perlu membayar langganan atau membeli lisensi dari software tersebut dan semua fiturnya sudah bisa diakses dan digunakan.

3. Akurasi Data (Data Accuration)

Pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi selalu erat dengan angka dan perhitungan matematis setiap harinya. Hal tersebut membutuhkan akurasi dan ketelitian yang tinggi agar hasil perhitungan nantinya tidak terjadi kesalahan.

Namun, perhitungan yang dilakukan dengan cara manual sering kali berhadapan dengan kesalahan yang disebut dengan human error. Human error merupakan sebuah kesalahan yang kerap kali ditemukan dari pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kondisi yang kurang fit sampai menurunnya tingkat fokus seseorang.

Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi perusahaan, karena data keuangan merupakan hal yang paling krusial untuk masa depan perusahaan. Untuk itulah, accounting software ada untuk meminimalisir adanya kesalahan tersebut. Sebagian besar perhitungan yang dilakukan melalui software ini telah dilakukan secara otomatis melalui komputer, yang membuatnya lebih akurat sekaligus cepat.

4. Efisiensi Waktu (Time Efficiency)

Menggunakan metode manual dalam menghitung keuangan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika terjadi kesalahan sedikit saja, tim akuntan arus menelusuri darimana akar kesalahan tersebut terjadi dan menghitung ulang. Hal ini selain rumit dan butuh ketelitian tinggi juga memakan banyak waktu dan tidak efisien.

Adanya accounting software bisa mengatasi hal tersebut karena perhitungan telah dilakukan oleh komputer. Selain itu, jika misalnya terjadi kesalahan data, tim akuntan hanya perlu menelusuri akar kesalahan tersebut dan menggantinya, maka hasil perhitungan dibawahnya akan terbaharui secara otomatis dan real time.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More