Pengertian Absen Online dan Kelebihannya Dibandingkan Absen Manual

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:48 WIB
4. Pada kasus sistem online, akan terdapat fitur pendukung remote working.

Semua data tersebut selanjutnya akan diberikan kepada HRD yang bertanggung jawab pada penggajian karyawan. Oleh karena itu, data yang diberikan kepada pihak HRD harus jelas dan tidak ada yang terlewat agar tak ada yang dirugikan.

Untuk itu, perusahaan memerlukan sistem yang dapat meminimalisir kesalahan perekapan data. Salah satunya dengan menggunakan sistem absen online.

Secara umum, ada dua jenis absen yang dapat digunakan oleh perusahaan yakni absensi dengan format manual dan format online. Absensi dengan format manual merupakan absensi dengan ini menggunakan beberapa alat konvensional seperti kertas dan alat tulis.

Setiap hari karyawan melakukan absen dengan menuliskan jam kehadiran beserta tanda tangannya sebagai bukti kehadiran. Begitu pula saat hendak pulang. Format absensi manual umumnya berupa tabel yang memuat beberapa informasi seperti nama, jabatan, tanggal, jam kedatangan, jam pulang, dan keterangan.

Kelemahan dari absen manual adalah rawan terjadi kecurangan seperti titip absen atau memalsukan jumlah kedatangan. Selain itu, rekapitulasi data secara manual membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan hasilnya pun belum tentu akurat. Itulah mengapa saat ini banyak perusahaan yang beralih ke absen dengan format online.

Sementara, Absen online merupakan sistem absensi yang memanfaatkan jaringan internet dengan sistem cloud yang terhubung dengan database secara realtime. Sistem cloud ini berguna untuk menyimpan data absensi secara otomatis tanpa perlu melakukan rekapitulasi. Selain itu, laporan absensi yang telah masuk dapat diakses di mana pun dan kapan pun sehingga memudahkan HRD untuk memantau karyawannya secara realtime.

Saat ini, telah tersedia banyak jenis software absen online yang memiliki kemampuan untuk tracking pegawai berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition. Tentunya bisa mencatat jam kerja secara realtime, sehingga bisa memantau aktivitas kehadiran karyawan dengan efektif dan efisien.

Tujuan Melakukan Laporan Absensi bagi Perusahaan

Adapun tujuan untuk melakukan laporan absensi bagi perusahaan adalah sebagai berikut:
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More