Bisakah Tablet Xiaomi Pad 5 Gantikan Laptop untuk Produktivitas Kerja Sehari-Hari?

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:19 WIB
Karena Xiaomi Pad 5 tidak dibekali selot kartu SIM (Wi-Fi only), maka Sindonews bisa melakukan tethering lewat ponsel Xiaomi Mi 11 Ultra. Dan sejauh ini tidak ada masalah. Apalagi, ketika Sindonews berada di wilayah jaringan 5G milik Telkomsel. Rasanya bekerja dengan internet supercepat terasa nyaman sekali.

Selain mengetik, Sindonews juga menggunakan Xiaomi Pad 5 untuk mengedit foto dan video yang akan di unggah di media sosial.

Ada beberapa aplikasi yang dicoba. Antara lain Adobe Lightroom yang gratis. Jika ingin mengedit foto secara serius pun Xiaomi Pad 5 bisa melakukannya. Ini karena akurasi warna di layar 11” WQHD+ 10 bit, 120Hz, 1600 x 2560 piksel tablet tersebut mencapai 1 miliar warna.



Sehingga pengguna bisa mengedit dengan sangat detil di ukuran layar 11 inci yang sudah mendukung teknologi Dolby Vision dan HDR10 itu.

Untuk mengedit video, ada beberapa opsi aplikasi yang bisa dipakai. Rekomendasi Sindonews adalah VN dan Capcut. Keduanya sama-sama gratis, sama-sama memiliki fitur yang sangat lengkap.

Yang tidak disangka-sangka, Sindonews benar-benar bisa mengedit video untuk kebutuhan profesional. Prosesor Xiaomi Pad 5 mampu menghandle file-file besar dan panjang. Bahkan file video 4K sekalipun. Termasuk merender video dengan durasi puluhan menit.

Seandainya nanti Xiaomi Pencil sudah dirilis, mungkin kegiatan editing video akan lebih presisi, lebih mudah, dan lebih tidak melelahkan dibanding menyapukan jari di layar. Yang jelas, editing video sederhana (cut to cut) bisa dilakukan Sindonews tanpa kesulitan berarti.

Hanya saja, karena hanya ada 1 selot USB C, maka butuh dongle tambahan untuk bisa lebih cepat memindah data dari kamera ke tablet.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More