Tes Kecepatan Internet, Apa Gunanya?

Senin, 26 Juli 2021 - 16:05 WIB
Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan tes kecepatan internet. Pertama adalah download speed (kecepatan mengunduh), upload speed (kecepatan mengunggah), dan ping (jeda waktu).

Download speed adalah kecepatan koneksi internet yang kita gunakan dalam mengunduh data. Ini penting ketika melakukan streaming video hingga bermain game online.

Upload Speed adalah kecepatan yang kita butuhkan untuk mengunggah data ke internet. Ini penting saat kita harus berkirim foto dan video lewat WhatsApp, mengunggah

konten ke YouTube, Instagram, hingga Facebook.

Adapun Ping adalah jeda waktu. Tepatnya, jumlah jeda waktu yang dibutuhkan jaringan komputer atau ponsel yang digunakan untuk memindahkan data. Ping ini biasanya digunakan dalam satuan milidetik. Semakin tinggi milidetiknya, semakin buruk. Misalnya kita bermain game Call of Duty Mobile dengan Ping hingga 100 milidetik, maka game akan terasa lambat, ngelag, dan tidak responsif.



Nah, situs untuk melakukan tes kecepatan internet adalah Speedtest.net yang dikembangkan Ookla asal Montana, Amerika Serikat.

Layanan Speedtest bisa digunakan di hampir semua platform, seperti iOS, Android, macOS, Apple TV hingga Windows.

Cara menggunakan speedtest, tinggal akses tautan https://www.speedtest.net. Atau, unduh aplikasinya di ponsel, kemudian klik 'GO' yang berada di bagian tengah layar.

Setelah itu tunggu beberapa saat, sampai seluruh hasil kecepatan internet selesai dicek.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More