China Bangun Internet Tecepat di Dunia, Kirim 150 Film hanya dalam 1 Detik

Kamis, 16 November 2023 - 23:01 WIB
loading...
China Bangun Internet Tecepat di Dunia, Kirim 150 Film hanya dalam 1 Detik
China Bangun Jaringan Internet Tecepat di Dunia. FOTO/ THE VERGE
A A A
BEIJING - China mengumumkan telah membangun jaringan internet tercepat di dunia. Jaringan tersebut, yang disebut "National Broadband Network (NBN)", memiliki kecepatan hingga 100 petabit per detik (Pbps).



Hal ini memungkinkan untuk mengirimkan 150 film dalam satu detik.

"Ini adalah pencapaian yang signifikan bagi China, Jaringan NBN akan menempatkan China di garis depan teknologi TIK global" kata Kevin J. Wolf, seorang analis di Gartner seperti dilansir dari Wion News, Kamis (16/11/2023).

Jaringan NBN dibangun oleh China Mobile, operator telekomunikasi terbesar di dunia. Jaringan tersebut menggunakan teknologi fiber optik terbaru, yang memungkinkan kecepatan transmisi yang sangat tinggi.

Berdasarkan laporan Ookla Speedtest Global Index per November 2023, China menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kecepatan internet fixed broadband tercepat di dunia, dengan rata-rata kecepatan mencapai 209,40 Mbps.

Kecepatan internet di China ini didukung oleh infrastruktur yang kuat, termasuk jaringan serat optik yang luas dan infrastruktur 5G yang berkembang pesat.

Pemerintah China juga telah berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan infrastruktur internet, termasuk pembangunan jaringan kabel bawah laut dan pusat data.

Jaringan NBN saat ini tersedia di beberapa kota di China, dan akan diperluas ke seluruh negeri dalam beberapa tahun mendatang.

Pembangunan jaringan NBN merupakan bagian dari upaya China untuk menjadi pemimpin global dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK). China telah berinvestasi besar-besaran dalam TIK dalam beberapa tahun terakhir, dan telah menjadi produsen peralatan TIK terbesar di dunia.

"Jaringan NBN akan memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian China," kata Michael Chui, seorang mitra di McKinsey & Company. "Jaringan tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi."
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3088 seconds (0.1#10.140)