4 Negara dengan Kecepatan Internet Terlambat di Dunia

Rabu, 23 Maret 2022 - 13:16 WIB
loading...
4 Negara dengan Kecepatan Internet Terlambat di Dunia
Sejumlah negara dengan kecepatan internet terlambat di dunia terdapat di benua Asia dan Afrika. Ilustrasi/Dok/Okezone
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara dengan kecepatan internet terlambat di dunia terdapat di benua Asia dan Afrika. Kondisi ini disebabkan banyak faktor, salah satunya fokus negara tersebut belum memperhatikan aspek teknologi.

Jadi perbedaan kecepatan internet di setiap negara sebenarnya adalah hal yang wajar karena kondisi setiap negara juga berbeda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara dengan kecepatan internet terlambat di dunia:

1. Turkmenistan
Negara dengan internet terlambat di dunia yang pertama adalah Turkmenistan. Dilansir dari laman The Tribune, pengguna internet di Turkmenistan membutuhkan waktu hampir satu hari untuk mengunduh satu film.

Laporan dari Cable.co.uk menyatakan bahwa kecepatan internet Turkmenistan adalah kecepatan internet terlambat di seluruh dunia pada tahun 2021. Kecepatan internet di Turkmenistan hanya berkisar pada 0,50 megabit per detik (Mbps).

2. Yaman
Negara dengan internet terlambat di dunia berikutnya adalah Yaman. Dikutip dari laman Reuters, kondisi ini disebabkan Yaman didera perang bertahun-tahun serta krisis ekonomi. Peperangan membuat jaringan internet di Yaman menjadi lambat dan mahal.

Yaman memiliki kecepatan Internet rata-rata 0,53 megabit per detik (Mbps). Tarif internet di Yaman pun terbilang cukup tinggi, USD16 per gigabyte. Hal tersebut berbanding jauh dengan negara-negara sekitarnya dengan tarif USD1 per gigabyte.

3. Ethiopia
Negara dengan Internet terlambat di dunia yang selanjutnya adalah Ethiopia. Ethiopia memiliki kecepatan internet sekitar 1,20 megabit per detik (Mbps). Pada 2020, jangkauan internet di negara tersebut hanya berkisar pada angka 17,9 persen.

Ethiopia mencoba untuk melakukan perluasan akses internet hingga menjangkau seluruh wilayahnya. Namun, upaya tersebut terhambat karena sebagian besar penduduk Ethiopia tinggal di pedesaan dan menolak privatisasi telekomunikasi.

4. Guinea-Bissau
Negara dengan Internet terlambat di dunia yang berikutnya adalah Guinea-Bissau. Berdasarkan survei yang dilakukan Cable.co.uk, Guinea-Bissau menempati posisi ke 221 dengan kecepatan internet 1,24 megabit per detik (Mbps).

Akses internet di Guinea-Bissau pun sangat rendah, yaitu hanya sekitar 7,8 persen atau hanya 150.000 koneksi saja. Di negara ini, koneksi internet yang baik hanya bisa didapatkan di Ibukota, sedangkan koneksi internet di kota lain dan desa-desa aksesnya terbatas.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2698 seconds (11.97#12.26)