Ayah Bunda Perlu Baca Ini, 18 Aplikasi Media Sosial 'Berbahaya' Bagi Anak

Sabtu, 13 Maret 2021 - 16:45 WIB
Dengan menyalahgunakan aplikasi media sosial, seseorang dapat meretas perangkat anak Anda dan mengekstrak informasi pribadinya. Untuk mimpi terburuk orang tua, dia mungkin mengeksploitasi informasi untuk menguntit anak Anda secara online, menjadikannya target penindasan maya, pelecehan seksual, manipulasi psikologis yang tidak etis, dan lainnya.

Faktanya, Anda hanya perlu sekilas menemukan ribuan kasus yang terkait dengan penyalahgunaan aplikasi media sosial. Ambil contoh kasus bunuh diri Amanda Todd, seorang remaja dari British Columbia.

Remaja itu mengambil risiko saat mengobrol video dengan orang asing. Pelaku kemudian menggunakan kesempatan itu untuk memerasnya dan bahkan mempublikasikan gambar-gambar cabulnya, yang akhirnya menjadi alasan penindasan maya dan akhirnya kematian korban.

Mari kita lihat beberapa aplikasi media sosial populer yang sering disalahgunakan oleh penjahat dunia maya:

1. Snapchat



Aplikasi tidak membutuhkan pengenalan sama sekali. Bagaimanapun, ini memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Namun, aplikasi "perpesanan gelembung" yang populer memang memiliki masalah privasi dan keamanan yang adil yang membahayakan privasi banyak pengguna.

Misalnya, aplikasi diretas pada 2014 dan sejumlah besar foto pribadi atau Snapchat pengguna dipublikasikan. Ada juga "jendela" pendek yang dapat digunakan orang untuk mengambil screenshot dari snap dan kemudian mengeksploitasinya.

2. Ask.fm

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More