Ini Dia Nebulizer Pertama untuk Anak di Indonesia

Rabu, 02 Desember 2020 - 08:24 WIB
OMRON DuoBaby NE-C301 dan Compressor Nebulizer NE-C106 dihadirkan ke Indonesia untuk membantu orang tua modern yang membutuhkan solusi nyaman, aman, dan praktis di rumah guna mengatasi masalah pernapasan anak secara efisien. Foto/Ist
JAKARTA - PT OMRON Healthcare Indonesia baru saja meluncurkan dua alat terapi pernapasan (Nebulizer) untuk konsumen di Indonesia. Keduanya adalah OMRON DuoBaby NE-C301, yakni nebulizer pertama di Indonesia yang didesain untuk bayi dan OMRON Compressor Nebulizer NE-C106.

Kedua perangkat ini bertujuan membantu para orang tua modern yang membutuhkan solusi nyaman, aman, dan praktis di rumah guna mengatasi masalah pernapasan pada anak secara efisien. "Perangkat ini juga bisa digunakan oleh anggota keluarga lain yang mengalami masalah pernapasan," kata Tomoaki Watanabe, Direktur OMRON Healthcare Indonesia, saat mengenalkan kedua produk barunya secara virtual, Selasa (1/12/2020). (Baca juga: AS, China, UEA Berebut Planet Mars, India Segera Invasi Venus )



Produk-produk tersebut diluncurkan untuk melengkapi pengelolaan kesehatan pribadi, khususnya penyakit pernapasan yang membutuhkan perhatian dan kewaspadaan, seperti Penyakit Tidak Menular (PTM) hipertensi, diabetes, dan lainnya. Dengan kualitas udara yang buruk di Indonesia, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah salah satu dari lima penyakit penyebab kematian pada anak-anak dan orang dewasa di Indonesia. (Data Riskesdas 2018, WHO)

Asma termasuk kelompok Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan prevalensi lebih tinggi, yakni 6,8%. WHO menunjukkan angka kematian akibat asma di Indonesia mencapai 1,77% dari seluruh jumlah kematian penduduk. Jumlah ini menempatkan Indonesia di urutan ke-19 negara dengan kematian akibat asma terbanyak di dunia.



Sedangkan Pneumonia, yang gejalanya menyerupai flu, menjadi penyebab kematian balita terbesar kedua di Indonesia. Menurut UNICEF, lebih dari 19.000 balita di Indonesia meninggal akibat pneumonia pada 2018. Ini berarti, lebih dari dua anak meninggal setiap jamnya karena pneumonia. Adapun polusi udara merupakan 50% penyebab kematian anak akibat pneumonia.



Sayangnya, berbagai masalah pernapasan mulai dari hidung tersumbat, pilek, asma hingga pneumonia, menjadi kondisi kesehatan yang seringkali diabaikan para orang tua. Padahal, penanganan serta perawatan yang dilakukan sejak dini dapat menekan kasus penyakit pernapasan di kemudian hari.

Hingga kini, banyak orangtua yang masih merasa kesulitan dan belum memahami manfaat penting nebulizer. Padahal, nebulizer merupakan alat bantu medis utama yang sangat berguna. Perangkat ini termasuk salah satu alat yang efektif untuk memastikan pengobatan yang tepat, masuk ke titik yang tepat dari saluran pernapasan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More