Dampak Israel Spoofing GPS, Semua Aplikasi Kacau

Senin, 23 September 2024 - 07:47 WIB
Di Israel, gangguan konstan menyebabkan orang membeli semua peta kertas yang tersedia. Pada bulan Januari, salah satu penyedia terbesar di negara itu mengatakan mereka telah kehabisan stok dan tidak dapat mencetaknya cukup cepat untuk memenuhi permintaan.

Pelanggan dan pekerja yang menggunakan aplikasi pengiriman di Yordania juga mengalami nasib yang membingungkan. Ketika pesanan makanan dibuat di ibu kota Amman, aplikasi memperkirakan kedatangan dalam 90 menit, tetapi menunjukkan pengemudi berada 12 jam jauhnya dari Kairo.

Sementara itu, mereka yang mencoba berkencan online menemukan pasangan mereka mungkin tidak sedekat yang mereka kira. Profil di Beirut yang diatur untuk mencari dalam radius 8 kilometer mengambil pengguna Israel puluhan kilometer ke selatan. Aplikasi menampilkan ikon "Dekat" dan mengatakan orang lain berjarak 6 kilometer.

Profesor Humphreys mengatakan tidak jelas apakah praktik ini dianggap legal atau tidak karena International Telecommunications Union "telah berbicara dari kedua sisi mulutnya". "Di satu sisi, dikatakan, 'Engkau tidak boleh mentransmisikan sinyal apa pun dalam band GNSS. Ini adalah band suci, band yang disediakan untuk penerbangan, untuk keselamatan jiwa'," katanya.

"Tetapi dalam bagian lain dari konstitusi, mereka pada dasarnya memberikan kartu blanche kepada negara-negara atas ancaman keamanan."

Dia mengatakan hal ini memungkinkan negara mana pun untuk mengklaim bahwa ia merasa terancam dan mengganggu sinyal radio bahkan jika menyebar di luar perbatasannya dan meluas ke kehidupan sipil dan sistem seperti penerbangan.

"Jika ada orang yang memiliki ancaman sekecil apapun oleh serangan, baik itu oleh drone atau rudal, dapat terlibat dalam spoofing GPS, maka hal itu benar-benar mempertanyakan apakah GPS dapat digunakan sama sekali dalam sistem keselamatan jiwa ke depan," kata Humphreys.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More