Dampak Israel Spoofing GPS, Semua Aplikasi Kacau

Senin, 23 September 2024 - 07:47 WIB
Alasannya, karena sinyal spoofing melewati banyak pemeriksaan di dalam penerima GPS, dapat lebih lemah dan masih memiliki efek lebih jauh dari pemancar. Spoofing dikerahkan hampir terus-menerus di kota-kota seperti Haifa di utara Israel dan Tyre di selatan Lebanon, secara teratur di bagian lain dari negara-negara tersebut dan wilayah Palestina yang diduduki, dan bahkan kadang-kadang di Yordania dan negara-negara lain di kawasan tersebut.

Ketika berdiri di Gunung Scopus di Yerusalem yang menghadap ke lingkungan Palestina Issawiyah, hal yang sama terjadi.



Banyak peluncuran roket dicegah oleh serangan pre-emptif Israel atau dicegat oleh sistem pertahanan kubah besi Israel, tetapi spoofing GPS juga dapat berkontribusi pada dampak minimal dari serangan tersebut.

Jennifer Parker, ahli di National Security College di Australian National University, mengatakan semuanya bagian dari spektrum perang elektronik, yang mencakup tindakan seperti mengganggu telekomunikasi. Hal ini, katanya, telah terjadi di Timur Tengah selama beberapa tahun tetapi telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir selama perang.

"Ketika Anda memikirkan tentang rudal dan kendaraan udara tak berawak yang telah menargetkan Israel, banyak dari mereka menggunakan GPS untuk benar-benar mengarahkan mereka ke target. Jadi jika bisa mengganggu GPS, Anda benar-benar bisa menghentikan sistem senjata itu agar tidak akurat," kata Parker.

Tetapi dia mengatakan langkah ini berbahaya karena alasan lain. "Israel telah mengeluarkan pemberitahuan mereka melakukan jamming ini. Tetapi tetap saja, ketika Anda memikirkan betapa bergantungnya masyarakat modern pada GPS untuk navigasi, terutama ketika kita memikirkan industri penerbangan sipil, hal itu memang menimbulkan beberapa bahaya."

Apa dampaknya?



Abed Kataya dari SMEX nirlaba — yang mengadvokasi dan memajukan hak asasi manusia di ruang digital di seluruh Asia Barat dan Afrika Utara — mengatakan kepada ABC bahwa taktik ini menghilangkan satu lapisan keselamatan dari penerbangan.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More