TikTok Bikin Gerah Israel, Ini Penyebabnya

Rabu, 21 Agustus 2024 - 11:15 WIB
loading...
TikTok Bikin Gerah Israel,...
TikTok dituding bersikap bias dengan meloloskan konten-konten video bernuansa kebencian terhadap Israel. Foto/JPost
A A A
JAKARTA - Platform media sosial TikTok yang berbasis di China dituding bersikap bias dengan meloloskan konten-konten video bernuansa kebencian terhadap Israel .

Disebutkan, video-video yang dipromosikan oleh TikTok di antaranya yang menyatakan bahwa Zionisme adalah Nazisme dan bahwa Hamas bukanlah organisasi teroris. Kesimpulan ini berdasarkan pada laporan eksklusif N12.

JPost melaporkan, sejak 7 Oktober, pengguna TikTok dari kalangan Israel merasa bahwa ada bias terhadap mereka. Laporan N12 kemudian mengungkapkan apa yang terjadi di salah satu departemen paling penting di TikTok - yaitu yang menentukan konten mana yang akan diblokir dari distribusi kepada pengguna dan video mana yang akan mendapatkan perhatian dari ratusan juta orang.

"TikTok memiliki tim yang perannya disebut sebagai pemeriksaan paket. Ini adalah tim yang seharusnya menangani segala sesuatu yang dianggap sebagai klaim atau penetapan fakta yang diunggah ke TikTok, dan sulit untuk membuat keputusan tentang hal itu," kutip N12 dari orang Israel yang bekerja di departemen pelatihan TikTok.

Karyawan tersebut menandatangani perjanjian kerahasiaan yang ketat dan mengambil risiko besar dari percakapan tersebut. Namun, menurutnya, dia tidak bisa lagi bersikap acuh tak acuh terhadap apa yang dia lihat di perusahaan.



"Tim pemeriksa fakta tersebut mengandalkan sumber kontroversial seperti Al Jazeera, Organisasi Amnesty, dan hanya pendapat pribadi. Kami menemui hal-hal ini selama praktik dan pelatihan kami," lanjutnya.

"Sejak peristiwa 7 Oktober, departemen yang menangani konten bermasalah di platform telah membuat keputusan yang tidak realistis. Awalnya, saya pikir itu hanya pekerja pro-Palestina yang melakukan apa pun yang mereka mau, tetapi kemudian saya menemukan bahwa ini adalah kebijakan nyata."

Salah satu contoh yang dimaksud adalah video yang diunggah di TikTok pada bulan Desember yang mengklaim jumlah kematian di Gaza adalah 17 ribu dan 45% di antaranya adalah anak-anak - angka yang dibantah oleh Israel.

Pengguna melaporkan ke TikTok bahwa ini adalah informasi yang salah dan meminta untuk menghapus video tersebut. TikTok memutuskan informasi tersebut tidak salah dan menyatakan alasan mereka berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas dan Al Jazeera.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)