Dampak Israel Spoofing GPS, Semua Aplikasi Kacau

Senin, 23 September 2024 - 07:47 WIB
loading...
Dampak Israel Spoofing...
Sejak dimulainya perang Gaza, Israel telah menggunakan taktik spoofing GPS. Foto/ABC.net
A A A
JAKARTA - Israel menggunakan strategi spoofing GPS untuk mengganggu rudal musuh. Namun, cara ini berdampak terhadap semua aplikasi.

Spoofing atau mengganti alamat IP atau identitas perangkat seakan-akan dari sumber yang sah untuk mengecoh serta menyebarkan malware menjadi pilihan strategi Israel. Tentu saja hal inimengganggu kehidupan sipil, penerbangan di Lebanon dan Timur Tengah.

Pager dan walkie-talkie yang beberapa waktu dipasang sebagai jebakan bom bukanlah satu-satunya cara Israel menyerang komunikasi Hizbullah.

Salah satu taktik Israel lainnya, meskipun kurang mematikan, telah menyebabkan kekacauan bagi populasi Lebanon yang lebih luas, serta kebingungan bagi orang-orang di dalam perbatasannya sendiri.

Sejak dimulainya perang Gaza, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menggunakan taktik spoofing GPS, yang dirancang untuk membodohi rudal dan roket musuh yang bergantung pada teknologi sistem penentuan posisi global untuk mengarahkan ke target mereka.



Meskipun sukses mengalihkan beberapa serangan udara, hal itu juga telah membingungkan orang-orang sehari-hari. Hal ini membuat teknologi peta modern pada perangkat pintar tidak tersedia dan mengganggu infrastruktur sipil penting, pesawat komersial, bahkan aplikasi kencan dan pengiriman makanan. Situasi ini bahkan telah membuat beberapa orang Israel kembali ke peta kertas tradisional sebagai solusi analog untuk gangguan digital.

GPS menjadi salah satu perkembangan digital paling signifikan yang pernah dilihat dunia dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini telah membuat navigasi menggunakan smartphone menjadi mudah dan merupakan alasan utama mengapa penemuan era digital seperti kencan online, rideshare, dan aplikasi pengiriman menjadi umum di seluruh dunia.

Tetapi jika mencoba menggunakannya di ponsel saat berada di sebagian besar area Timur Tengah saat ini, kemungkinan tak mudah.

Di Haifa, kota terbesar ketiga Israel, misalnya, di Koloni Jerman atau di sekutar taman-taman Gunung Carmel — aplikasi GPS ponsel akan memberi tahu pengguna bahwa posisi sebenarnya berada 100 kilometer jauhnya.

Tepatnya di landasan pacu bandara internasional Beirut, Israel memilih untuk salah mengarahkan penerima GPS. Pilihan lain yang kurang umum yang telah dicatat juga termasuk kawasan industri Kairo, Mesir. "Tidak masalah bagi kemampuan mereka untuk membodohi penerima GPS di mana tujuan yang di-spoof berada," kata Profesor Todd Humphreys dari University of Texas dilansir dari ABC, Senin (23/9/2024).

Gangguan navigasi pribadi dan pemesanan makanan cepat saji mungkin diklasifikasikan sebagai ketidaknyamanan, bukan masalah keamanan yang mendesak — tetapi praktik ini memiliki konsekuensi yang jauh lebih parah.


Apa itu spoofing?


Spoofing bukan memblokir sinyal GPS, hanya bersifat membingungkannya. Dalam keadaan normal, satelit yang mengorbit Bumi mengirimkan sinyal gelombang mikro yang berisi informasi posisi dan waktu yang digunakan oleh penerima GPS untuk menghitung lokasinya.

Tetapi gelombang-gelombang itu dapat dikuasai, dan informasi yang terkandung di dalamnya dapat terdistorsi. "Sinyal yang datang dari satelit GPS jauh di atas kita tidak memiliki enkripsi atau otentikasi kriptografi yang tertanam. Mungkin untuk meniru sinyal ini, memalsukannya, dan menyiarkannya dari tempat lain," kata Profesor Humphreys.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Humphreys dan rekan-rekannya menentukan setidaknya satu lokasi pemancar spoofing berada di Lapangan Udara Ein Shemer di utara Israel.

Awalnya Israel menyangkal bertanggung jawab atas spoofing karena dianggap sebagai tindakan berbahaya, tetapi kemudian mengakui bahwa itu sedang terjadi, menyebutnya sebagai gangguan GPS.

Jadi, Israel melindungi terhadap senjata apapun yang dipandu GPS untuk ditembakkan ke arahnya. "Jika Anda memilih antara hanya mengganggu sinyal dan mengganggu sinyal, spoofing adalah pertahanan yang lebih kuat," kata Profesor Humphreys.

Alasannya, karena sinyal spoofing melewati banyak pemeriksaan di dalam penerima GPS, dapat lebih lemah dan masih memiliki efek lebih jauh dari pemancar. Spoofing dikerahkan hampir terus-menerus di kota-kota seperti Haifa di utara Israel dan Tyre di selatan Lebanon, secara teratur di bagian lain dari negara-negara tersebut dan wilayah Palestina yang diduduki, dan bahkan kadang-kadang di Yordania dan negara-negara lain di kawasan tersebut.

Ketika berdiri di Gunung Scopus di Yerusalem yang menghadap ke lingkungan Palestina Issawiyah, hal yang sama terjadi.



Banyak peluncuran roket dicegah oleh serangan pre-emptif Israel atau dicegat oleh sistem pertahanan kubah besi Israel, tetapi spoofing GPS juga dapat berkontribusi pada dampak minimal dari serangan tersebut.

Jennifer Parker, ahli di National Security College di Australian National University, mengatakan semuanya bagian dari spektrum perang elektronik, yang mencakup tindakan seperti mengganggu telekomunikasi. Hal ini, katanya, telah terjadi di Timur Tengah selama beberapa tahun tetapi telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir selama perang.

"Ketika Anda memikirkan tentang rudal dan kendaraan udara tak berawak yang telah menargetkan Israel, banyak dari mereka menggunakan GPS untuk benar-benar mengarahkan mereka ke target. Jadi jika bisa mengganggu GPS, Anda benar-benar bisa menghentikan sistem senjata itu agar tidak akurat," kata Parker.

Tetapi dia mengatakan langkah ini berbahaya karena alasan lain. "Israel telah mengeluarkan pemberitahuan mereka melakukan jamming ini. Tetapi tetap saja, ketika Anda memikirkan betapa bergantungnya masyarakat modern pada GPS untuk navigasi, terutama ketika kita memikirkan industri penerbangan sipil, hal itu memang menimbulkan beberapa bahaya."

Apa dampaknya?


Abed Kataya dari SMEX nirlaba — yang mengadvokasi dan memajukan hak asasi manusia di ruang digital di seluruh Asia Barat dan Afrika Utara — mengatakan kepada ABC bahwa taktik ini menghilangkan satu lapisan keselamatan dari penerbangan.



Pesawat terbang bergantung pada data GPS yang akurat untuk fungsi paling dasar mereka, termasuk mengukur ketinggian mereka. Ketika sinyal yang salah diberikan, sensor mulai gagal, memberikan peringatan, dan menginstruksikan pilot untuk menarik ke atas. Spoofing GPS mencapai jauh melampaui perbatasan Israel.

Profesor Humphreys mengatakan karena frekuensinya, pilot telah terbiasa dengan hal ini dan kadang-kadang mematikan alarm atau sistem GPS, yang berbahaya, meskipun belum terjadi kecelakaan sejauh ini.

Pada bulan Maret, penerbangan Turkish Airlines ke Beirut tidak dapat mendarat karena spoofing GPS, melainkan mengorbit bandara selama 40 menit sebelum kembali ke Turki.

Selama waktu itu, ketika ketegangan tinggi dalam antisipasi serangan Iran, Yordania juga melaporkan gangguan pada lalu lintas udara yang mendorong pesawat untuk menggunakan sistem navigasi alternatif.

Pada bulan Juli, Lebanon mengajukan keluhan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa dan International Telecommunication Union (ITU) atas spoofing GPS, yang juga memengaruhi pesawat yang melintasi Mediterania. "Ini telah menjadi masalah besar sehingga dibahas pada tingkat tertinggi tata kelola penerbangan," kata Profesor Humphreys.

Di luar lalu lintas udara, spoofing juga menyerang pergerakan maritim dan darat serta "mempengaruhi responden darurat yang memerangi kebakaran hutan dan darurat medis di Lebanon," kata Kataya.

Tetapi konsekuensi yang jauh kurang serius juga terwujud dalam kehidupan sehari-hari. Pribadi Lebanon Anthony Rahayel mengambil media sosial pada bulan Juni untuk memperingatkan bagaimana bahkan drone video kecilnya terpengaruh dan jatuh ke gunung. "Jika GPS hanya mati, drone akan tetap menyala, tidak masalah, Anda bisa mengembalikannya," ucapnya.

"Tetapi bagi GPS untuk memberi tahu Anda bahwa sekarang berada di bandara Beirut, itu langsung menjadi kacau.

"Itu mulai terbang di sekitar di udara, pergi ke kiri dan ke kanan, remote tidak menghentikannya, semua yang bisa saya lakukan adalah mencari tahu gunung mana yang jatuh."



Di Israel, gangguan konstan menyebabkan orang membeli semua peta kertas yang tersedia. Pada bulan Januari, salah satu penyedia terbesar di negara itu mengatakan mereka telah kehabisan stok dan tidak dapat mencetaknya cukup cepat untuk memenuhi permintaan.

Pelanggan dan pekerja yang menggunakan aplikasi pengiriman di Yordania juga mengalami nasib yang membingungkan. Ketika pesanan makanan dibuat di ibu kota Amman, aplikasi memperkirakan kedatangan dalam 90 menit, tetapi menunjukkan pengemudi berada 12 jam jauhnya dari Kairo.

Sementara itu, mereka yang mencoba berkencan online menemukan pasangan mereka mungkin tidak sedekat yang mereka kira. Profil di Beirut yang diatur untuk mencari dalam radius 8 kilometer mengambil pengguna Israel puluhan kilometer ke selatan. Aplikasi menampilkan ikon "Dekat" dan mengatakan orang lain berjarak 6 kilometer.

Profesor Humphreys mengatakan tidak jelas apakah praktik ini dianggap legal atau tidak karena International Telecommunications Union "telah berbicara dari kedua sisi mulutnya". "Di satu sisi, dikatakan, 'Engkau tidak boleh mentransmisikan sinyal apa pun dalam band GNSS. Ini adalah band suci, band yang disediakan untuk penerbangan, untuk keselamatan jiwa'," katanya.

"Tetapi dalam bagian lain dari konstitusi, mereka pada dasarnya memberikan kartu blanche kepada negara-negara atas ancaman keamanan."

Dia mengatakan hal ini memungkinkan negara mana pun untuk mengklaim bahwa ia merasa terancam dan mengganggu sinyal radio bahkan jika menyebar di luar perbatasannya dan meluas ke kehidupan sipil dan sistem seperti penerbangan.

"Jika ada orang yang memiliki ancaman sekecil apapun oleh serangan, baik itu oleh drone atau rudal, dapat terlibat dalam spoofing GPS, maka hal itu benar-benar mempertanyakan apakah GPS dapat digunakan sama sekali dalam sistem keselamatan jiwa ke depan," kata Humphreys.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)