Cara Menghindari Kejahatan Scam yang Terbukti Ampuh

Kamis, 16 Maret 2023 - 14:46 WIB

4. Pastikan website mempunyai tanda pengaman

Tak cukup jika memperhatikan URL websitenya saja, pastikan juga website yang dikunjungi terdapat pengaman gembok. Gembok ini menunjukan bahwa website tersebut aman dari pihak scammer yang akan mencuri data Anda.

Dengan menggunakan website yang aman, Anda bisa mengisis data pribadi dengan tenang. Biasanya, website yang menggunakan gembok berawalan dengan https://.

5. Tidak Membagikan OTP

One-time password atau kode OTP merupakan sebuah kode yang sistem dikirimkan ke Anda saat akan melakukan transaksi online. Misalnya saat menggunakan e-banking, login ke website tertentu, dan semacamnya.



6. Sering Mengubah Password

Untuk menjaga keamanan data pribadi maka diusahakan melakukan perubahan password selama tiga atau enam bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan kepada akun-akun penting seperti mobile banking atau media sosial.

7. Selalu Update Informasi Terbaru Tentang Scam

Cara menghindari kejahatan scam yang terakhir yakni dengan mengetahui informasi terbaru tentang kejahatan scam. Informasi ini menjadi penting lantaran para scammer selalu berubah-ubah dalam cara aksinya maupun metodeyangdigunakan.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More