Perkembangan Teknologi Picu Kemajuan Metaverse di Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:40 WIB
loading...
Perkembangan Teknologi Picu Kemajuan Metaverse di Indonesia
Perkembangan teknologi digital membuat semua lini industri berovolusi ke teknologi Metaverse FOTO/ DOK META
A A A
NEW YORK - Perhatian publik terhadap Metaverse dimulai ketika rumor rebranding Facebook menyebar pada pertengahan Oktober 2021. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama dari Facebook menjadi Meta.

BACA JUGA - NFT Disebut Menjadi Tiket Menuju Metaverse

Dengan fokus menciptakan dunia virtual yang menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality melalui Metaverse.

Hal inilah yang mendorong Forum Digital BUMN (Fordigi) untuk menggelarIndonesia Metaverse Show 2023 yang diselenggarakan oleh hari ini Rabu 18 Januari 2023 di Smart Auditorium, Telkom Landmark Tower Jakarta.

“Dengan acara Indonesia Metaverse Show 2023 ini, diharapkan dapat mendukung perkembangan teknologi digital yang dapat diimplementasikan ke berbagai kegiatan baik hari-hari maupun kegiatan usaha dan bisnis”. tutur Ketua Umum Fordigi M. Fajrin Rasyid dalam pidato pembukaannya.

Indonesia Metaverse Show 2023 turut serta dihadiri oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, serta 5 Kepala Bidang Forum Digital BUMN (Fordigi).
Perkembangan Teknologi Picu Kemajuan Metaverse di Indonesia

Indonesia Metaverse Show 2023 bertujuan menjadi wadah bagi Fordigi untuk menyampaikan informasi terkini yang berkaitan dengan AI, blockchain, metaverse untuk mendukung inovasi BUMN.

Acara ini juga diharapkan mampu untuk mengembangkan strategi adopsi teknologi yang efektif di lingkungan BUMN serta mewujudkan Satu Data BUMN untuk mendukung pengelolaan BUMN yang efektif.

Hal yang selaras juga disampaikan oleh Bapak Tedi Bharata selaku Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN bahwa FORDIGI diharapkan menjadi mitra Kementerian BUMN untuk mengakselerasi transformasi digital dengan mengadakan acara-acara seperti Indonesia Metaverse Show 2023 ini.

Beliau juga mengharapkan agar generasi muda untuk bisa menjadi pelaku UMKM berbasis teknologi serta agar dunia meta dapat juga digunakan oleh para pelaku UMKM untuk bersaing di dunia internasional.

Selain memperkenalkan 5 bidang dari Fordigi, Indonesia Metaverse Show 2023 juga memperkenalkan salah satu programnya yaitu Fordigi Goes to Campus untuk memperkenalkan dan mendukung generasi muda untuk aktif dalam mengetahui dan mempelajari perkembangan teknologi digital dalam seluruh kegiatan termasuk dalam memulai dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Menghadirkan banyak perusahaan-perusahaan BUMN yang memperlihatkan penggunaan teknologi terbaru mereka pada stan masing-masing di area Smart Auditorium Telkom Landmark Tower Jakarta, para pengunjung dapat berinteraksi langsung dan mencoba semua teknologi tersebut sebagai sebuah pengalaman baru dan gambaran bagaimana penggunaan teknologi digital dapat dimanfaatkan dalam segala kegiatan dan usaha.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2046 seconds (11.97#12.26)