Ini Perbedaan TikTok versi China dan Indonesia, Bentuk Propaganda Tiongkok?

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:04 WIB
loading...
Ini Perbedaan TikTok versi China dan Indonesia, Bentuk Propaganda Tiongkok?
TikTok menjadi salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - TikTok menjadi salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Pada perkembangannya, platform ini mulai populer di Indonesia sejak masa pandemi Covid-10 melanda.

Untuk diketahui, China ternyata memiliki aplikasi TikTok yang hanya dikhususkan untuk warga negaranya. Adapun namanya sendiri adalah Douyin dan dibuat juga oleh Bytedance. Namun, perlu diketahui bahwa keduanya tidak sama persis.

Baca juga : Aplikasi TikTok Kini Hadir di Android TV

Dilansir dari laman AdChina, berikut sejumlah perbedaan antara TikTok versi China dan Indonesia.

1. Akses

Aplikasi Douyin hanya bisa diakses oleh mereka yang secara fisik berada di China. Selain itu, platform tersebut juga hanya bisa diunduh dari App Store China.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Warga di China tidak bisa mengunduh TikTok. Aplikasi ini hanya bisa diunduh dari Play Store dan App Store di luar negaranya.

2. Tampilan Beranda

Pada tampilannya, beranda TikTok lebih mendasar daripada Douyin. Kemudian, juga menampilkan tagar yang sedang trending, iklan spanduk, hingga tautan untuk berbagi.

Namun, dalam hal ini Douyin juga menampilkan peringkat akun teratas dalam banyak kategori. Misalnya selebriti, merek terkenal, dan sejenisnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2287 seconds (10.177#12.26)