Begini Cara Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:00 WIB
loading...
A A A
5. Menghapus Akun Secara Sementara atau Permanen
Meninggalkan media sosial selama beberapa waktu dapat membantu bernapas lega dan fokus pada diri sendiri.

Selain itu, perundung akan melihat bahwa pengguna tidak merespons dan dapat kehilangan minat pada korban yang ditargetkan. Sebab, mereka tidak akan mendapat reaksi apa pun.

Kiat Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying:

1. Dukungan dan kepercayaan
Jika anak dihadapkan dengan cyberbullying, orang tua dapat menjadi pendukung bagi mereka. Sayangnya, banyak anak-anak justru tidak menceritakan masalah tersebut kepada orang tuanya.

2. Jangan Dilarang
Melarang penggunaan media sosial atau internet bukanlah solusi yang tepat untuk masalah cyberbullying. Jauh lebih efektif untuk membantu mereka mengambil sikap kritis terhadap situasi tersebut, untuk "memutuskan" pesan pelaku intimidasi dari kepribadian anak-anak.

3. Tetap Berhubungan dengan Anak-anak Secara Online
Tetap berhubungan dengan anak Anda di jejaring sosial dan pesan instan. Ini dapat membantu untuk memeriksa postingan anak-anak dan lebih memahami kondisi mereka.



4. Bantuan Digital
Teknologi saat ini juga dilengkapi sejumlah kontrol orang tua untuk membantu melindungi anak-anak dari materi online yang berbahaya atau tidak pantas.
Orang tua juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yang menawarkan perlindungan dari konten berbahaya, serta memungkinkan mereka untuk mengatur batas waktu layar, memantau aktivitas online, atau juga melacak lokasi menggunakanGPS.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)