Aplikasi Informasi Sehat, Solusi Permasalahan Cyber Bullying

Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:30 WIB
loading...
Aplikasi Informasi Sehat, Solusi Permasalahan Cyber Bullying
Penggunaan sosial media memiliki dampak signifikan dalam kehidupan sosial para penggunanya secara positif dan negatif. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penggunaan media sosial saat ini sudah menjadi konsumsi publik, dengan kata lain saat ini masyarakat sudah memiliki kecanduan pada teknologi internet karena penggunaannya dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Kuantitas pengguna media sosial begitu melonjak dikarenakan sifat internet yang inklusif dan sering disebut dengan “multi player effect” yang berarti setiap orang dengan jenjang level apapun dapat menjelajah atau menggunakan internet.

Yang menarik, penggunaan media sosial ini memiliki dampak signifikan dalam kehidupan sosial para penggunanya dan tanpa disadari dapat menjadi momok bagi siapapun jika digunakan tanpa kontrol atau memikirkan sebab akibatnya.

Berdasarkan riset Kominfo, permasalahan sosial anak di Indonesia muncul dikarenakan penggunaan internet. Dampak negatif yang muncul mulai dari permasalahan sosial seperti Cyber Bullying, Memicu Kejahatan, Pornografi, Komunikasi Buruk, Ancaman Ujaran Kebencian, Perkembangan Emosi, Perkembangan Fisik, Mengumbar Rahasia.

Baca juga : Rolls-Royce Harga Rp13 Miliar Kena Recall karena Masalah Lampu Depan

Solusi menghadapi permasalahan seperti ini ialah membuat inovasi baru terhadap teknologi informasi yang saat ini penggunaannya sudah tidak dapat dikontrol lagi. Hal ini dilakukan oleh MNC Media yang meluncurkan sebuah aplikasi bernama BuddyKu, aplikasi ini dapat diakses dan di unduh dengan mudah pada gadget remaja di Indonesia. Aplikasi BuddyKu memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia, dengan memperhatikan kualitas isi informasi yang dibagikan.

Untuk remaja sendiri, terdapat banyak informasi edukasi yang dapat menambah literasi serta perlindungan kepada remaja sebab aplikasi BuddyKu memiliki fitur kurasi yang menghalau konten informasi dengan diksi ujaran kebencian, sara, berita palsu, atau informasi yang sifatnya menjatuhkan salah satu pihak. “BuddyKu ini adalah aplikasi yang tepat untuk lintas generasi, karena terkurasi dan memiliki banyak beragam informasi yang diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia menambah wawasan mereka tanpa adanya distraksi.” Ujar Aldi Hawari, Business Development and Partnership BuddyKu.

Baca juga : Honda CBR250RR Modifikasi Bengkel Bekasi Ini Sukses Bikin Rider Kawasaki Ninja Iri

Dengan adanya aplikasi BuddyKu ini, MNC Media mengharapkan adanya perubahan zaman yang saat ini serba modern dan digital namun tetap memiliki daya kritis dan kualitas yang baik untuk membangun SDM masyarakat dan generasi muda Indonesia.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1771 seconds (11.210#12.26)