Begini Cara Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:00 WIB
loading...
Begini Cara Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying
Cyberbullying menjadi isu besar hingga saat ini, terutama untuk anak-anak. Foto: dok UNICEF
A A A
JAKARTA - Cyberbullying terus jadi isu penting bagi warganet. Khususnya di Indonesia. Organisasi Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) mendefinisikan cyberbullying sebagai perundungan dunia maya dengan menggunakan teknologi digital.

Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting , platform bermain gim, hingga telepon seluler. Parahnya lagi, cyberbullying tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Tapi juga anak-anak.

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari cyberbullying? Dan yang terpenting, bagaimana orang tua melindungi anak-anak mereka dari cyberbullying?

Pakar Kaspersky mengumpulkan berbagai tip untuk orang tua dan anak tentang apa yang harus dilakukan jika mengalami perundungan dan cara melindungi diri sendiri.

“Cyberbullying adalah masalah kompleks dan serius. Studi menunjukkan bahwa anak-anak sering tidak memberi tahu orang dewasa bahwa mereka mengalami intimidasi,” komentar Andrey Sideko, Lead web content analyst di Kaspersky.

Nah, berikut cara yang harus dilakukan orang tua untuk melindungi diri dari cyberbullying:

1. Menerapkan Aturan Pribadi
Orang tua harus mengajari anak untuk tidak berbicara dengan orang asing di jalan. Jadi, terapkan aturan yang sama untuk ruang online. Termasuk di jejaring sosial. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit

2. Jangan Merespon
Bereaksi dengan kata-kata ofensif hanya akan memperburuk situasi. Mencoba bernalar dengan pelaku intimidasi tanpa partisipasi orang dewasa juga tidak sepadan. Mengabaikan perundung online adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri dari jurang klarifikasi, hinaan, dan sejenisnya.

3. Blokir Agresor, Adukan ke Moderator
Banyak situs web dan semua jejaring sosial dapat menambahkan pengguna ke daftar hitam/blokir. Hubungi administrator situs dengan permintaan untuk memblokir perundung. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit.

4. Bukti Tangkapan Layar
Bukti tangkapan layar berguna jika Anda perlu menghubungi lembaga penegak hukum. Anda juga dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan orang tua pelaku, atau menjelaskan kepada mereka secara pribadi konsekuensi yang mungkin terjadi.

5. Menghapus Akun Secara Sementara atau Permanen
Meninggalkan media sosial selama beberapa waktu dapat membantu bernapas lega dan fokus pada diri sendiri.

Selain itu, perundung akan melihat bahwa pengguna tidak merespons dan dapat kehilangan minat pada korban yang ditargetkan. Sebab, mereka tidak akan mendapat reaksi apa pun.

Kiat Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying:

1. Dukungan dan kepercayaan
Jika anak dihadapkan dengan cyberbullying, orang tua dapat menjadi pendukung bagi mereka. Sayangnya, banyak anak-anak justru tidak menceritakan masalah tersebut kepada orang tuanya.

2. Jangan Dilarang
Melarang penggunaan media sosial atau internet bukanlah solusi yang tepat untuk masalah cyberbullying. Jauh lebih efektif untuk membantu mereka mengambil sikap kritis terhadap situasi tersebut, untuk "memutuskan" pesan pelaku intimidasi dari kepribadian anak-anak.

3. Tetap Berhubungan dengan Anak-anak Secara Online
Tetap berhubungan dengan anak Anda di jejaring sosial dan pesan instan. Ini dapat membantu untuk memeriksa postingan anak-anak dan lebih memahami kondisi mereka.



4. Bantuan Digital
Teknologi saat ini juga dilengkapi sejumlah kontrol orang tua untuk membantu melindungi anak-anak dari materi online yang berbahaya atau tidak pantas.
Orang tua juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yang menawarkan perlindungan dari konten berbahaya, serta memungkinkan mereka untuk mengatur batas waktu layar, memantau aktivitas online, atau juga melacak lokasi menggunakanGPS.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)