Begini Cara Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:00 WIB
loading...
Begini Cara Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Cyberbullying
Cyberbullying menjadi isu besar hingga saat ini, terutama untuk anak-anak. Foto: dok UNICEF
A A A
JAKARTA - Cyberbullying terus jadi isu penting bagi warganet. Khususnya di Indonesia. Organisasi Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) mendefinisikan cyberbullying sebagai perundungan dunia maya dengan menggunakan teknologi digital.

Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting , platform bermain gim, hingga telepon seluler. Parahnya lagi, cyberbullying tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Tapi juga anak-anak.

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari cyberbullying? Dan yang terpenting, bagaimana orang tua melindungi anak-anak mereka dari cyberbullying?

Pakar Kaspersky mengumpulkan berbagai tip untuk orang tua dan anak tentang apa yang harus dilakukan jika mengalami perundungan dan cara melindungi diri sendiri.

“Cyberbullying adalah masalah kompleks dan serius. Studi menunjukkan bahwa anak-anak sering tidak memberi tahu orang dewasa bahwa mereka mengalami intimidasi,” komentar Andrey Sideko, Lead web content analyst di Kaspersky.

Nah, berikut cara yang harus dilakukan orang tua untuk melindungi diri dari cyberbullying:

1. Menerapkan Aturan Pribadi
Orang tua harus mengajari anak untuk tidak berbicara dengan orang asing di jalan. Jadi, terapkan aturan yang sama untuk ruang online. Termasuk di jejaring sosial. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit

2. Jangan Merespon
Bereaksi dengan kata-kata ofensif hanya akan memperburuk situasi. Mencoba bernalar dengan pelaku intimidasi tanpa partisipasi orang dewasa juga tidak sepadan. Mengabaikan perundung online adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri dari jurang klarifikasi, hinaan, dan sejenisnya.

3. Blokir Agresor, Adukan ke Moderator
Banyak situs web dan semua jejaring sosial dapat menambahkan pengguna ke daftar hitam/blokir. Hubungi administrator situs dengan permintaan untuk memblokir perundung. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit.

4. Bukti Tangkapan Layar
Bukti tangkapan layar berguna jika Anda perlu menghubungi lembaga penegak hukum. Anda juga dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan orang tua pelaku, atau menjelaskan kepada mereka secara pribadi konsekuensi yang mungkin terjadi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1790 seconds (10.101#12.26)