Dalam Tubuh Sehat Ada Jam Tangan yang Kuat

Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
Dalam Tubuh Sehat Ada Jam Tangan yang Kuat
Jam tangan pintar kini semakin memudahkan dokter dalam menganalisa kondisi pasien. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Men sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Adagium itu hingga saat ini memang masih relevan. Hanya secara kontekstual, adagium itu bisa saja bergeser belakangan ini. Saat ini semua orang bisa memiliki tubuh yang sehat berkat adanya jam tangan atau gelang yang kuat.

Kuat di sini dalam artian pintar. Pintar membaca kondisi tubuh dan pintar mengajak penggunanya meraih kesehatan dengan maksimal. Setidaknya hal itu menjawab prediksi Tim Cook, CEO Apple saat pertama kali memperkenalkan Apple Watch di 2014.

“Jam tangan ini akan jadi alat yang komprehensif untuk kesehatan dan berolahraga,” ucap Tim Cook waktu itu.

Memang saat pertama kali diperkenalkan Apple Watch masih tergolong sederhana. Penggunaannya pun masih sebatas sensor detak jantung, akselerometer dan gyroscope. Fungsi yang masih terbatas itu membuat banyak orang skeptis.

Mereka tidak percaya jika jam tangan pintar itu bisa membantu penggunanya meraih kesehatan yang paripurna. “Jam tangannya tidak pintar-pintar amat. Butuh kemampuan lain yang ketimbang yang sudah ada seperti yang ditawarkan Apple Watch,” tulis Walt Mossberg dari The Wall Street Journal.

Meski banyak menuai kritikan, Apple justru berhasil memulai gelombang baru tren teknologi. Setelah Apple, pabrikan teknologi raksasa lainnya mulai berlomba-lomba membuat perangkat yang sama.

Baca juga : Waspada, TikTok Disebut Forbes Jadi Mata-mata China Pantau Warga Amerika

Dalam Tubuh Sehat Ada Jam Tangan yang Kuat


Sony, Samsung, LG, Asus, Motorola, dan lain-lainnya mulai mencoba menawarkan keajaiban yang sama. Bahkan bentuk yang diberikan tidak sebatas jam tangan pintar. Sebagian dari perusahaan tersebut mencoba memanfaatkan pasar yang konsumennya tidak mampu membeli jam tangan pintar karena harga yang terbilang mahal.

Mereka kemudian menghadirkan gelang pintar atau smartband. Harganya pun tergolong ekonomis karena tidak sampai jutaan rupiah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2391 seconds (10.177#12.26)