Cara Cek Resi Jasa Ekspedisi Indonesia lewat Satu Situs

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 13:18 WIB
loading...
Cara Cek Resi Jasa Ekspedisi Indonesia lewat Satu Situs
Cara cek resi 19 jasa ekspedisi lewat satu situs saja tentu sangat memudahkan pembeli dan penjual online. Foto: tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Cara cek resi hampir semua jasa ekspedisi di Indonesia hanya lewat satu situs saja tentu sangat memudahkan. Maklum, banyaknya pilihan marketplace digital serta penyedia jasa ekspedisi sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi.

Nah, untuk memfasilitasi kenyamanan dalam melacak keberadaan barang yang dikirim, Anda bisa menggunakan jasa cek resi gratis yang tersedia di internet. Salah satunya adalah resimu.net.

”Resimu.net adalah website yang menyediakan layanan cek resi dari 19 perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia, mulai JNE, J&T, Wahana, SiCepat, Ninja, TiKi, ID Express, Shopee Express, POS Indonesia, Anteraja, LION Parcel, JET EXpress, SAP Express, REX, First Logistic, KGXpress JX Express, PCP Express dan RPX dengan mudah dan akurat,” beber Doni Kurnia, owner resimu.net.

Menurut Doni, ketika melakukan pelacakan kiriman barang ada beberapa hal yang diinginkan pengguna. ”Antara lain informasi akurat, kemudahan akses, dan juga pelacakan untuk banyak jasa ekspedisi sekaligus,” tambahnya.

Doni menyebut bahwa tata letak antarmuka pengguna (User Interface) situs web Resimu.net dirancang sederhana. Tujuannya untuk memudahkan pengguna, baik pengirim maupun penerima barang, ketika melakukan penelusuran pengiriman barang. ”Jadi, pengguna hanya perlu memasukkan nomor resi, tekan tombol cek resi, dan detail pengiriman Anda sudah akan terbaca dengan jelas dan akurat,” bebernya.

Menurut Doni, komposisi dan format nomor resi setiap jasa ekspedisi berbeda-beda. Namun, umumnya terdiri dari gabungan 10-20 angka, huruf, dan/atau karakter.

Pengirim barang, contohnya dari marketplace, biasanya bisa menemukan nomor resi barang yang dikirim yang tertera dalam label pengiriman (jika menggunakan resi cashless/ bebas ongkir).

Apabila pengiriman dilakukan secara manual, maka cukup meminta dan meneliti resi di tanda bukti pembayaran pengiriman. Biasanya nomor resi atau airway bill tersebut berada di bawah barcode di lembar pengirim.

Sebaliknya, untuk penerima barang, jika berbelanja secara online, maka nomor resi biasanya sudah akan masuk secara otomatis di akun marketplace yang dimiliki. Cara cek resi lainnya dapat dilakukan dengan meminta langsung nomor resi pengiriman kepada pengirim barang.

BACA JUGA: Harga dan Spesifikasi Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G, Termurah Rp14 Juta!

Setelah nomor resi barang yang dikirim terdeteksi, selanjutnya cukup masuk ke situs resimu.net, kemudian menyalin atau mengetik nomor resi dengan tepat di bagian kolom “Input Nomor Resi”.

”Menariknya memang Anda tidak perlu repot memilih jasa ekspedisi apa yang digunakan untuk pengiriman barang, sebab mesin Resimu.net akan melacak secara otomatis. Pencarian nomor resi hanya dilakukan dalam hitungan detik,” ujar Doni. ”Anda bisa melihat langsung tanggal estimasi pengiriman barang, nomor resi, nama pengirim, nama dan alamat penerima, serta runutan status pengiriman barang,” tambahnya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1805 seconds (11.210#12.26)