Mengenal Desain Unik Masjid Pendiri JNE di Bangka Belitung yang Terinspirasi Kabah

Minggu, 13 Juni 2021 - 23:40 WIB
loading...
Mengenal Desain Unik Masjid Pendiri JNE di Bangka Belitung yang Terinspirasi Kabah
Desain unik masjid Jami Soeprapto Soeparno yang terletak di Bangka Belitung. Foto: dok JNE
A A A
BANGKA BELITUNG - Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE Soeprapto Soeparno pada 1979.

Masjid itu terletak di Jalan Soekarno Hatta, Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Dibangun di atas tanah seluas 1.405 m2 dan mampu menampung hingga 1000 jemaah.


Lokasinya strategis, yakni menuju Bandar Udara Depati Amir-Pangkalpinang. Karenanya dikenal sebagai Masjid Bandara oleh warga sekitar.

Mengenal Desain Unik Masjid Pendiri JNE di Bangka Belitung yang Terinspirasi Kabah

Arsiteknya adalah Raul Renanda Amrul. Ia mengambil filosofi perubahan lama menuju ke regenerasi yang baru. Bangunan menara yang lama disisi kanan masjid jadi simbolisasi meninggikan orang tua.

Pada kubah masjid terinspirasi dari bentuk kubusnya Ka’bah. Kubahnya adalah kubah Ka’bah yang ada lobangannya yang terinspirasi dari tiang-tiangnya masjid di Cordoba. Untuk interior pada kubah yang melingkar terdapat kaligrafi sesuai pesan dari pendiri JNE yaitu surat Al-Maun dan Al-Baqarah 261.

Memulai renovasi sejak Oktober 2018, saat ini tampilan menjadi sangat megah dan modern. Masjid bernuansa putih ini memiliki desain unik di Bangka Belitung.

Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE yang juga merupakan anak kedua dari pendiri JNE, mengatakan bahwa sosok pendiri JNE Soeprapto Soeparno dikenal sangat bersahaja.

Lahir di Bangka pada 7 Oktober 1937, Soeprapto Soeparno membangun dan mewakafkan Masjid Jami’ agar warga sekitar dapat berkumpul dan beribadah bersama-sama di masjid.

Mengenal Desain Unik Masjid Pendiri JNE di Bangka Belitung yang Terinspirasi Kabah

Presiden Direktur JNE Feriadi Soeprapto(kanan) bersamaGubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman (kiri). Foto: dok JNE

Peresmian Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno dilakukan pada 9 Juni 2021 silam, dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.Feriadi mengatakan, Bangka Belitung ini merupakan rumah bagi keluarga besar pendiri JNE.


”Keberadaan masjid ini tentunya sudah menjadi semangat yang sudah sejak dahulu diinginkan oleh almarhumayah saya,” ujarnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4290 seconds (0.1#10.140)