Manfaatkan Fitur Terlengkap Software Akuntansi dengan Jurnal.id

Senin, 25 Juli 2022 - 16:22 WIB
loading...
A A A
Namun, perhitungan yang dilakukan dengan cara manual sering kali berhadapan dengan kesalahan yang disebut dengan human error. Human error merupakan sebuah kesalahan yang kerap kali ditemukan dari pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kondisi yang kurang fit sampai menurunnya tingkat fokus seseorang.

Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi perusahaan, karena data keuangan merupakan hal yang paling krusial untuk masa depan perusahaan. Untuk itulah, accounting software ada untuk meminimalisir adanya kesalahan tersebut. Sebagian besar perhitungan yang dilakukan melalui software ini telah dilakukan secara otomatis melalui komputer, yang membuatnya lebih akurat sekaligus cepat.

4. Efisiensi Waktu (Time Efficiency)
Menggunakan metode manual dalam menghitung keuangan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika terjadi kesalahan sedikit saja, tim akuntan arus menelusuri darimana akar kesalahan tersebut terjadi dan menghitung ulang. Hal ini selain rumit dan butuh ketelitian tinggi juga memakan banyak waktu dan tidak efisien.

Adanya accounting software bisa mengatasi hal tersebut karena perhitungan telah dilakukan oleh komputer. Selain itu, jika misalnya terjadi kesalahan data, tim akuntan hanya perlu menelusuri akar kesalahan tersebut dan menggantinya, maka hasil perhitungan dibawahnya akan terbaharui secara otomatis dan real time.

5. Kalkulasi Otomatis (Automatic Calculation)
Setiap perhitungan yang dilakukan menggunakan accounting software seperti nominal laba rugi, utang piutang, dan hal-hal lainnya telah terjadi secara otomatis. Artinya, tim akuntan tidak perlu repot-repot menghitung semua hal tersebut secara manual.

Tim akuntan hanya perlu menginput data transaksi awal dan semua perhitungan akan ditangani oleh sistem yang terdapat di software tersebut dengan memberikan perintah dan rumus tertentu.

6. Data Tepat Waktu (Real Time Data)
Fungsi terakhir dari accounting software adalah memberikan ketepatan waktu dalam perhitungan data keuangan. Software ini telah dilengkapi dengan sistem yang mampu menampilkan dan menghitung data secara tepat dalam waktu yang sangat singkat.

Selain itu, fitur dalam software ini juga telah terintegrasi satu sama lain. Jadi misalnya dalam divisi tertentu terdapat data baru yang masuk. Maka data-data yang ada di divisi lain akan terbaharui secara otomatis dan real time. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi tim akuntan karena mereka bisa saling bertukar data dan informasi hanya dengan software tersebut.

Jenis-jenis Software Akuntansi
1. Spreadsheet
Jenis accounting software yang paling mudah dan sederhana adalah spreadsheet. Spreadsheet merupakan sebuah software berbentuk tabel-tabel yang bisa digunakan untuk menginput data-data terkait keuangan perusahaan. Software ini juga dilengkapi dengan rumus matematis dan logika yang bisa menampilkan dan menghitung data secara otomatis sesuai dengan rumus yang telah diberikan oleh pengguna.

Software jenis ini biasanya digunakan oleh para pelaku usaha tingkat UKM atau UMKM yang hanya membutuhkan pencatatan keuangan dalam jumlah yang lebih sedikit dan belum kompleks. Software jenis Spreadsheet terbilang mempunyai harga yang cukup murah dibandingkan jenis lainnya, membuatnya bisa dijangkau oleh usaha-usaha kecil sampai menengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)