Khawatir Mengancam Keamanan Nasional, AS Blacklist Antivirus Kaspersky

Selasa, 29 Maret 2022 - 08:01 WIB
loading...
Khawatir Mengancam Keamanan Nasional, AS Blacklist Antivirus Kaspersky
Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (Federal Communications Commission/FCC) memasukkan antimalware Kaspersky Lab dalam daftar hitam. Foto/Pcworld
A A A
WASHINGTON - Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (Federal Communications Commission/FCC) memasukkan antimalware Kaspersky Lab dalam daftar hitam . Bahkan Huawei dan ZTE juga masuk dalam daftar perusahaan yang dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

FCC menyimpan daftar perusahaan yang dianggap menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima terhadap keamanan nasional atau keamanan dan keselamatan orang-orang Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya China Mobile International USA Inc., China Telecom (Americas) Corp, dan AO Kaspersky Labs, serta anak perusahaan mereka.

Komisaris FCC Brendan Carr dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa menambahkan perusahaan-perusahaan itu ke daftar blacklist akan membantu mengamankan jaringan negara dari ancaman yang ditimbulkan oleh entitas yang didukung China dan Rusia. "Jika sebuah perusahaan ada dalam daftar terbatas, itu tidak dapat menerima subsidi federal,” Bloomberg melaporkan dikutip dari laman Pcworld, Selasa (29/3/2022).



Atas keputusan FCC Kaspersky mengaku sangat kecewa dan mencemooh kekhawatiran FCC sebagai keputusan politik. “Keputusan ini tidak didasarkan pada penilaian teknis produk Kaspersky – yang terus diadvokasi oleh perusahaan – tetapi dibuat atas dasar politik,” keterangan resmi perusahaan itu.

Pemerintah federal AS melarang penggunaan perangkat lunak Kaspersky dalam sistem informasi federal pada tahun 2017 karena kekhawatiran tentang hubungan Kaspersky dengan pemerintah Rusia. Namun, pengguna individu dapat terus menggunakan produk yang masuk daftar hitam.

Kaspersky tidak muncul dalam daftar program antivirus terbaik PCWorld untuk PC Anda, tetapi muncul dalam daftar program antivirus gratis terbaik PCWorld untuk Windows saat ini. Jika Anda mencoba menginstal alat gratis Kaspersky, Windows Defender mungkin menandai Kaspersky sebagai berbahaya.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)