Ini 3 Serangan Siber Rusia yang Pernah Membuat Geger AS dan Eropa

Jum'at, 25 Maret 2022 - 13:59 WIB
loading...
Ini 3 Serangan Siber Rusia yang Pernah Membuat Geger AS dan Eropa
Amerika Serikat dan Eropa sangat khawatir dengan serangan siber Rusia karena mereka pernah merasakan bagaimana wilayahnya lumpuh akibat serangan hacker Rusia. Foto/dok
A A A
LONDON - Presiden AS Joe Biden telah meminta perusahaan dan organisasi swasta di AS untuk "mengunci pintu digital mereka" karena data intelijen menunjukkan Rusia sedang merencanakan serangan siber di AS.

Otoritas siber Inggris juga mendukung seruan Gedung Putih untuk "peningkatan tindakan pencegahan keamanan siber" meskipun tidak ada yang memberikan bukti bahwa Rusia merencanakan serangan siber.

Rusia sebelumnya telah menyatakan bahwa tuduhan tersebut adalah "Russophobia". Namun Rusia adalah negara adidaya dunia maya.

Saat ini Rusia memiliki persenjataan alat siber yang canggih dan para peretas mampu melakukan serangan siber yang mengganggu dan berpotensi merusak.

BACA : Intelijen Sebut Hacker Rusia Berjuang Bajak Sistem Persenjataan NATO

Dikutip dari BBC, Jumat (25/3/2022), berikut tiga serangan siber Rusia yang pernah membuat Amerika Serikat dan Uni Eropa minta ampun:

1. BlackEnergy

Ini 3 Serangan Siber Rusia yang Pernah Membuat Geger AS dan Eropa


Ukraina sering digambarkan sebagai 'taman bermain' bagi peretas Rusia untuk menguji teknik dan alat yan mereka miliki. Pada tahun 2015 jaringan listrik Ukraina terganggu oleh serangan cyber yang disebut BlackEnergy.

Dalam serangan siber ini, 80.000 pelanggan listrik di Ukraina terganggu karena peretas menyerang perusahaan listrik negara tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (11.252#12.26)