Apa Arti Kode R-BO di Pojok Televisi?

Jum'at, 17 Desember 2021 - 19:05 WIB
loading...
Apa Arti Kode R-BO di Pojok Televisi?
Kode-kode R-BO, A-BO, D, dan SU bisa ditemui di siaran televisi Indonesia dengan tujuan khusus. Foto: dok Kominfo
A A A
JAKARTA - Saat menonton channel dan acara apapun, di pojok televisi pasti sering muncul tulisan R-BO, A-BO, D dan SU. Tapi apa sih arti dari tulisan-tulisan tersebut?

Mengutip unggahan Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), kelima kode tersebut merupakan kode penggolongan siaran di Indonesia.



Kode tersebut diatur sesuai Pasal 14 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang memberlakukan suatu penggolongan program siaran menurut usia penonton.

Untuk Kode R-BO atau R13+, merupakan singkatan dari Remaja Bimbingan Orangtua. Artinya film yang diputar di TV untuk remaja usia 13 tahun ke atas dengan bimbingan dari orangtua.

Sementara untuk A-BO adalah singkatan dari Anak-Bimbingan Orangtua. Maksudnya adalah tayangan yang sedang diputar mengharuskan bimbingan atau pendampingan orangtua saat anak sedang menontonnya.

Sedangkan untuk SU atau SU2+ merupakan singkatan dari Semua Umur, yang berarti tayangan yang sedang diputar dapat disaksikan semua golongan usia.

Dan terakhir, jika ada kode D, artinya acara yang sedang diputar diperuntukan untuk orang dewasa dan tidak diperbolehkan remaja atau anak-anak menontonnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2904 seconds (0.1#10.140)