Menuju Go-digital, Tokko Bantu UMKM Jago Jualan Online

Sabtu, 20 November 2021 - 11:14 WIB
loading...
Dia menilai, dengan berbagai pendampingan yang didapatkan di Tokko Semesta, UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnis.



Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, UMKM memiliki peranan yang sangat vital dalam perekonomian Jawa Timur. Kontribusi UMKM terhadap PDRB Jawa Timur pada 2020 mencapai 57,25% atau setara dengan Rp 1 triliun. Artinya, UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di daerah.

“Saya sangat mengapresiasi kontribusi Tokko dalam mendorong kemajuan UMKM di Jawa Timur, sehingga daya saing UMKM meningkat dan terus berjuang mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah,” kata dia.

Fandy Silalahi menuturkan, sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Tokko Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya.

Dalam acara peluncuran Tokko Semesta Surabaya, para pelaku usaha di Jawa Timur diundang untuk mendapatkan mentoring dari pebisnis sukses,seperti Masterchef Deasy, pemilik usaha sambal legendaris Surabaya Bu Rudy, Lany Siswadi, dan Edho Zell, pegiat sosial media yang juga memiliki usaha kuliner seperti Nyapii.id dan Warteggratis.

Fandy menambahkan, komunitas Tokko Semesta di Bandung mendapatkan antusiasme yang sangat baik dan telah berhasil menjaring 400 lebih UMKM sejak diluncurkan September 2021.

“kami berharap dapat mereplikasi kesuksesan ini di Surabaya agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing,” tegas dia.
(wbs)
halaman ke-2
Komentar Anda
TEKNO UPDATE