Menuju Go-digital, Tokko Bantu UMKM Jago Jualan Online

Sabtu, 20 November 2021 - 11:14 WIB
loading...
Menuju Go-digital, Tokko Bantu UMKM Jago Jualan Online
Penggunaan teknologi digital pada segala bidang di Indonesia untuk menuju Go-digital. FOTO Ilustrasi/ IST
JAKARTA - Aplikasi untuk membuat toko online, Tokko menyasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meluncurkan Tokko Semesta di Surabaya, setelah meluncurkan platform serupa di Bandung Oktober 2021.

Tokko Semesta adalah sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya. Peluncuran Tokko Semesta di Surabaya bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.

BACA JUGA - Lupakan Dulu WhatsApp, Begini Cara Kembangkan Bisnis Online lewat Telegram

Peluncuran Tokko Semesta ini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta manajemen Tokko terdiri atas Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success Tokko), dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth Tokko).



Tokko Semesta hadir memperkuat komitmen Tokko untuk mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM dan tersedia secara online maupun offline. Tokko sebagai aplikasi untuk membuat website resmi toko online untuk para UMKM, berbeda dari platform jualan online lainnya.

Aplikasi ini memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka, membantu mereka untuk membangun merek, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara berdagang online. Saat ini, Tokko telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia, terdiri atas pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Tokko Semesta menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha, seperti teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan penentuan target pasar dan iklan digital, dan meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk.

Di samping mendapatkan pelatihan dan pendampingan, merchant Tokko dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur Tokko Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak demi mengembangkan bisnis online melalui solusi pemasaran digital yang terintegrasi.

“Pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, sehingga go-digital sudah menjadi keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, kami memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital, yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” kata Tri Sukma Anreianno dalam peluncuran Tokko Semesta Surabaya yang digelar hybrid, Sabtu (20/11/2021).
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE