Menuju Go-digital, Tokko Bantu UMKM Jago Jualan Online

Sabtu, 20 November 2021 - 11:14 WIB
loading...
Menuju Go-digital, Tokko Bantu UMKM Jago Jualan Online
Penggunaan teknologi digital pada segala bidang di Indonesia untuk menuju Go-digital. FOTO Ilustrasi/ IST
A A A
JAKARTA - Aplikasi untuk membuat toko online, Tokko menyasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meluncurkan Tokko Semesta di Surabaya, setelah meluncurkan platform serupa di Bandung Oktober 2021.

Tokko Semesta adalah sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya. Peluncuran Tokko Semesta di Surabaya bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.



Peluncuran Tokko Semesta ini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta manajemen Tokko terdiri atas Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success Tokko), dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth Tokko).

Tokko Semesta hadir memperkuat komitmen Tokko untuk mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM dan tersedia secara online maupun offline. Tokko sebagai aplikasi untuk membuat website resmi toko online untuk para UMKM, berbeda dari platform jualan online lainnya.

Aplikasi ini memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka, membantu mereka untuk membangun merek, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara berdagang online. Saat ini, Tokko telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia, terdiri atas pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Tokko Semesta menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha, seperti teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan penentuan target pasar dan iklan digital, dan meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk.

Di samping mendapatkan pelatihan dan pendampingan, merchant Tokko dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur Tokko Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak demi mengembangkan bisnis online melalui solusi pemasaran digital yang terintegrasi.

“Pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, sehingga go-digital sudah menjadi keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, kami memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital, yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” kata Tri Sukma Anreianno dalam peluncuran Tokko Semesta Surabaya yang digelar hybrid, Sabtu (20/11/2021).

Dia menilai, dengan berbagai pendampingan yang didapatkan di Tokko Semesta, UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnis.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, UMKM memiliki peranan yang sangat vital dalam perekonomian Jawa Timur. Kontribusi UMKM terhadap PDRB Jawa Timur pada 2020 mencapai 57,25% atau setara dengan Rp 1 triliun. Artinya, UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di daerah.

“Saya sangat mengapresiasi kontribusi Tokko dalam mendorong kemajuan UMKM di Jawa Timur, sehingga daya saing UMKM meningkat dan terus berjuang mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah,” kata dia.

Fandy Silalahi menuturkan, sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Tokko Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya.

Dalam acara peluncuran Tokko Semesta Surabaya, para pelaku usaha di Jawa Timur diundang untuk mendapatkan mentoring dari pebisnis sukses,seperti Masterchef Deasy, pemilik usaha sambal legendaris Surabaya Bu Rudy, Lany Siswadi, dan Edho Zell, pegiat sosial media yang juga memiliki usaha kuliner seperti Nyapii.id dan Warteggratis.

Fandy menambahkan, komunitas Tokko Semesta di Bandung mendapatkan antusiasme yang sangat baik dan telah berhasil menjaring 400 lebih UMKM sejak diluncurkan September 2021.

“kami berharap dapat mereplikasi kesuksesan ini di Surabaya agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing,” tegas dia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)