Ini Penjelasan Kominfo Soal Penanganan Kebocoran Data Melalui Raid Forums

Senin, 25 Oktober 2021 - 15:29 WIB
loading...
Ini Penjelasan Kominfo Soal Penanganan Kebocoran Data Melalui Raid Forums
Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi. Foto/dok
JAKARTA - Kebocoran data belakangan kerap terjadi dan menyerang beberapa lembaga. Data-data ini biasanya ditawarkan di forum online Raid Forums.

Terkait dengan penanganan para hacker atau pelaku pembocoran data pribadi menurut Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), adalah kewenangan Polri.

"Kominfo akan mendukung penuh Polri memberikan data-data yang diperlukan untuk melakukan proses hukum yang diperlukan," ujar Dedy saat ditemui di Kantor Kominfo, Senin (25/10/2021).

BACA: Pengamat Berikan Catatan Merah terhadap Tim IT Kemenkes



Mengenai website Raid Forums ini, ada upaya pemutusan akses terhadap situs yang bisa digunakan untuk mengunduh data adalah salah satu dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir kebocoran data yang lebih besar.

"Saya tegaskan sekali lagi, pemutusan akses terhadap situs yang bisa digunakan untuk mengunduh, hanya satu dari sekian banyak upaya kita untuk meminimalisasi resiko," tegasnya.

Raid Forums sendiri, kata Dedy, sudah diputus aksesnya ketika kasus BPJS Kesehatan. Sekali lagi Dedy menegaskan, langkah ini adalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan.

BACA JUGA: Satu Badak Putih Langka Dipensiunkan dari Program Pengembangbiakan Buatan

Meski sudah di putus akses, forum ini memunculkan link yang baru lagi. Ada dua link yang baru yang dimunculkan, pertama adalah Rf.ws dan yang kedua Rfmirror.com.

Kedua website yg digunakan mengunduh data-data tersebut telah dilakukan pemutusan akses oleh Kominfo, dengan catatan bahwa pemutusan akses bukanlah solusi satu-satunya. "Itu hanya satu dari sekian banyak proses yang saat ini sedang berlangsung," pungkasnya.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE