Bisakah Tablet Xiaomi Pad 5 Gantikan Laptop untuk Produktivitas Kerja Sehari-Hari?

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:19 WIB
loading...
Bisakah Tablet Xiaomi Pad 5 Gantikan Laptop untuk Produktivitas Kerja Sehari-Hari?
Xiaomi Pad 5 memiliki fungsi hibrida untuk produktifitas maupun hiburan, dipasarkan dengan banderol hanya Rp5 jutaan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bisakah tablet Xiaomi Pad 5 menggantikan laptop untuk produktivitas kerja sehari-hari? Pertanyaan itu yang coba dijawab oleh Sindonews.

Bagi seorang jurnalis seperti Sindonews, ternyata Xiaomi Pad 5 ini sangat bisa di andalkan untuk menggantikan laptop.

Beda yang paling terasa ada di portabilitasnya. Dengan bobot 511 gram, artinya Xiaomi Pad 5 lebih ringan 50 persen dibanding laptop berukuran 13 inci yang rata-rata memiliki berat 1,2-1,4 kilogram.



Dampaknya, Xiaomi Pad 5 terasa lebih ringkas dan lebih nyaman untuk dibawa kemana-mana. Apalagi, dengan layar yang sangat tajam, refresh rate tinggi 120 Hz, juga tingkat kecerahan mencapai 500 nit. Ketika digunakan untuk kerja di café/restoran outdoor, Xiaomi Pad 5 juga sangat mumpuni. Mata bisa menatap layar dengan baik dan jelas.

Tentu saja, untuk memfungsikan Xiaomi Pad 5 seperti laptop, Sindonews harus menambahkan keyboard. Sayangnya, Keyboard Cover untuk Xiaomi Pad 5 belum dijual resmi.

Bisakah Tablet Xiaomi Pad 5 Gantikan Laptop untuk Produktivitas Kerja Sehari-Hari?

Tapi tidak apa-apa. Sebagai gantinya, Sindonews menggunakan Microsoft Universal Foldable Keyboard yang ukurannya sangat kompak dan bisa dilipat. Sehingga bisa dimasukkan ke dalam sling bag/tas selempang kecil sekalipun.

Pengalaman mengetik atau menulis dokumen di Xiaomi Pad 5 masih terasa sangat nyaman. Sindonews bisa mengetik dengan cepat menggunakan aplikasi seperti Google Keep atau pemroses kata lainnya.

Karena Xiaomi Pad 5 tidak dibekali selot kartu SIM (Wi-Fi only), maka Sindonews bisa melakukan tethering lewat ponsel Xiaomi Mi 11 Ultra. Dan sejauh ini tidak ada masalah. Apalagi, ketika Sindonews berada di wilayah jaringan 5G milik Telkomsel. Rasanya bekerja dengan internet supercepat terasa nyaman sekali.

Selain mengetik, Sindonews juga menggunakan Xiaomi Pad 5 untuk mengedit foto dan video yang akan di unggah di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)