Surge Targetkan Jaringan Serat Optiknya Rampung Desember 2021

Sabtu, 11 September 2021 - 11:07 WIB
loading...
Surge Targetkan Jaringan Serat Optiknya Rampung Desember 2021
Perusahaan konektivitas infrastruktur digital Surge menargetkan jaringan serat optik sepanjang jalur kereta api di Pulau jawa rampung Desember 2021. Foto/Surge
A A A
JAKARTA - Perusahaan konektivitas infrastruktur digital Surge melalui anak usahanya Weave, secara resmi menggandeng perusahaan infrastruktur telekomunikasi PT Prasetia Dwidharma dan perusahaan infrastruktur perkeretaapian PT Sarida Utama, untuk akselerasi proyek infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di sepanjang rel kereta api di Pulau Jawa.

Tergabung dalam Konsorsium Prasetia dan Saridah, kedua perusahaan ini hadir sebagai partner proyek pada fase penggelaran jaringan serat optik Weave yang segera memasuki fase selanjutnya, di luar ruas Jakarta - Cikarang - Bandung dan Jakarta - Bogor yang hampir rampung, yakni ruas Banten - Jawa Barat - Jawa Tengah - DI Yogyakarta - Jawa Timur.



Dengan pengalaman serta kapasitas yang dimiliki konsorsium Prasetia dan Sarida, Surge optimis rencana untuk penyelesaian keseluruhan jaringan serat optik sepanjang 2800 km ini dapat di akselerasi sebelum akhir tahun 2021.

“Sejak awal Surge menggodok proyek infrastruktur fiber optik ini melalui Weave, kami memposisikan Weave sebagai neutral carrier provider & collaborator," kata CEO Surge, Hermansjah Haryono, dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Hermansyah menambahkan, pembangunan ruas tersebut akan dikerjakan secara bersamaan dengan penambahan fase-fase proyek dan alokasi human resource yang efektif.

"Kami optimis jaringan serat optik ini dapat selesai pembangunannya sesuai rencana pada tahun ini, yang secara paralel akan mempercepat transformasi digital para UMKM dan startup maupun pemerataan ekonomi digital di Indonesia," imbuhnya.



Hermansyah juga menuturkan, pengalaman dan kapasitas kedua anggota konsorsium baik dalam infrastruktur telekomunikasi maupun perkeretaapian, menjadi pertimbangan penting mengingat jaringan serat optik Weave dibangun sepanjang jalur kereta api Pulau Jawa.

"Keberadaan serat optik Surge yang berada di sepanjang rel kereta api akan sangat mendukung Edge Data Center (EDC) yang juga kami bangun, yang mana mensyaratkan konektivitas berkualitas, berkecepatan tinggi, handal, dan minim gangguan.” klaim Hermansjah.

Sejak akhir 2019, Surge melalui Weave memulai pembangunan serat optik 144 core di sepanjang rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepanjang 2.800 km, atau lebih dari 580 stasiun yang terletak di 9 daerah operasional PT KAI.



Pengembangan ini didesain guna meningkatkan jaringan infrastruktur data yang cepat, stabil, dengan latency yang rendah, dan digadang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth sangat besar.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)