Sistem Komunikasi Canggih Pembalap MotoGP Akan Dikenalkan pada 2025

Kamis, 12 September 2024 - 22:05 WIB
loading...
Sistem Komunikasi Canggih...
Sistem Komunikasi Canggih Pembalap MotoGP . FOTO/ MCN
A A A
MILAN - Sistem komunikasi untuk pembalap MotoGP akan diperkenalkan pada tahun 2025, setelah sistem tersebut diusulkan tiga tahun lalu.



Pengujian lebih lanjut dilakukan Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo usai GP Spanyol di Jerez awal tahun ini. Setelah itu, Dorna akan memperkenalkan sistem tersebut secara bertahap.

Tahap pertama melibatkan fitur komunikasi satu arah yang memungkinkan direktur balap baru pada tahun 2025, Simon Crafar, untuk berkomunikasi dengan para pembalap.

Seperti dilansir dari MCN, pesannya diharapkan singkat agar tidak mengganggu fokus pengendara.

Mungkin metode pengiriman pesan singkat ke layar sepeda motor yang ada saat ini mungkin tidak memadai.

Pertemuan antara Dorna dan para pebalap digelar Kamis pekan lalu menjelang GP San Marino terkait penerapan sistem ini. Juga dibahas rencana komunikasi radio tahap kedua yang melibatkan sistem komunikasi dua arah antara pebalap dan tim dan/atau direktur balapan, seperti di Formula 1.

Sistem tersebut kembali diuji pada sesi tes pasca GP San Marino, namun Bagnaia mengeluhkan ketidaknyamanan saat memakai peralatan tersebut. Namun, ada pembalap yang ingin sistem tersebut diterapkan termasuk Aleix Espargaro.

Usulan untuk memperkenalkan komunikasi tim dan pebalap juga memecah belah penggemar MotoGP. Para pendukung mengatakan bahwa MotoGP adalah kejuaraan balap prototipe dan perangkat komunikasi sepeda motor sudah ada di pasaran.

Kritikus mengatakan hal itu akan merusak semangat murni balap, di mana keterampilan pembalap adalah faktor terpenting, dan hasil balapan tidak ditentukan oleh tim dan insinyur dari paddock.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)