Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Kamis, 24 Juni 2021 - 19:30 WIB
loading...
Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta
Mi 11 Lite dijuluki fashion phone karena form factor yang supertipis serta sangat ringan. Foto-foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Begitu melihat Xiaomi Mi 11 Lite dijamin akan cinta pada pandangan pertama. Demikian promosi Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Mulanya Sindonews memang menganggap Alvin berlebihan. Apalagi, karena Sindonews bukan tipe orang yang mudah jatuh cinta. Namun, setelah lebih dari sepekan berdekatan dengan Xiaomi Mi 11 Lite, kesimpulannya seperti ini: kalaupun tidak cinta pada pandangan pertama, sulit untuk tidak jatuh cinta dengan ponsel tersebut.



Memang secara spesifikasi dan fitur, produk Xiaomi berdekat-dekatan. Termasuk Xiaomi Mi 11 Lite, yang sepintas berdekatan dan memiliki DNA serupa Redmi 10 Pro. Apalagi jeroannya yang bedanya sangat minim.

Tapi, sebenarnya dua produk ini sangat berbeda. Posisi Mi 11 Lite jelas. Menargetkan kaum hawa. Yang ingin ponsel ringan dan tipis. Yang peduli pada penampilan. Yang suka desain ponsel yang cantik dan praktis untuk dibawa-bawa. Nah, mari kita kupas satu persatu.

Bodi dan Desain
Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Hal pertama yang membuat Mi 11 Lite menarik adalah bodi dan desainnya. Ponsel ini ringan. Ringan banget. Bahkan, yang paling ringan yang ada di pasar saat ini. Beratnya cuma 157 gram. Terpaut tipis dengan berat kabel berikut travel charger yang 111 gram.

Dan karena bodinya juga hanya 6.8 mm, setiap menggenggam Mi 11 Lite selalu menimbulkan perasaan bahagia. Yang paling disukai Sindonews adalah Mi 11 Lite bisa masuk kantong celana jins tanpa terlihat menonjol atau timbul.

Jari-jemari tidak pegal saat dipegang terlalu lama. Bisa di akses dengan satu tangan tanpa menggunakan One Handed Mode. Mungkin sepele, tapi berinteraksi dengan ponsel ini terasa menyenangkan.

Xiaomi juga memperhatikan hal-hal detil terkait penempatan tombol power berikut sidik jari yang posisinya sangat pas. Membuka ponsel jadi cepat dan mudah.

Kover belakang Mi 11 Lite terbuat dari bahan glossy, bahkan bisa untuk “ngaca”. Minusnya, jadi fingerprint magnet. Mudah kotor. Karena itu gunakan jelly case bawaannya. Maish tetap terasa tipis, kok. Atau, silahkan belanja case tambahan.

Desain bagian belakangnya mengotak. Sehingga enak sekali digenggam. Tapi, karena frame bodi masih melengkung, jadi tidak terasa tajam.

Walau ditujukan untuk kaum hawa, tapi sebenarnya pria tetap cocok memakai Mi 11 Lite. Terutama warna ini: Boba Black. Warna hitamnya, kelihatan elegan. Masih maskulin. Dua warna lainnya, yakni Peach Pink dan Bubblegum Blue ideal untuk mereka yang ingin menonjol.

Untuk selot kartu, Mi 11 Lite memakai Hybrid Dual SIM. Fitur lainnya ketahanan IP53 serta OS Android 11 (MIUI 12).

Layar
Bezel Mi 11 Lite memang bukan yang paling tipis. Tapi, perhatikan layar depannya. Simetris sekali. Memang sedikit tebal dibagian dagu/chin. Tapi Cuma terpaut 2 mm dari sisi atas kiri dan kanan. Dibanding Redmi Note 10 Pro dan bahkan POCO F3 pun, bezel Mi 11 Lite tetap paling simetris. Kesannya, seperti ponsel flagship.

Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Kamera depan Mi 11 Lite terletak di sisi kiri atas, bukan di tengah seperti Redmi Note 10 Pro. Foto-foto: Sindonews/danang arradian

Layar Mi 11 Lite jelas berkualitas. 6.55 inci (1080 x 2400 piksel) AMOLED. Sudah HDR10. Sudah punya 90Hz. Kecerahannya 800 nits. Dan kerapatannya 402 piksel per inci (PPI).

Refresh rate 90 Hz menurut Sindonews tidak ada masalah. Masih cukup smooth untuk scrolling sosial media atau bermain game-game ringan.

Yang menarik, di spesifikasinya disebut 10 Bit color dimana tingkat akurasinya 4x lipat lebih baik. Sejauh ini Sindonews sangat nyaman menonton drama Korea ataupun sketsa di YouTube, bermain game, serta mengedit foto di layarnya.

Suara
Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Hal lain yang justru Sindonews suka di ponsel ini adalah speakernya. Ya, saat menonton TikTok, YouTube, Netflix, mendengarkan lagu, dan bermain game, suara menjadi penting.

Speaker ganda Mi 11 Lite terasa kencang. Dan tidak hanya kencang saja. Tapi tidak cempreng, justru jernih, clarity-nya nyaman, staging-nya baik, bahkan bass-nya pun masih terasa.

Di volume 60 persen, suaranya masih terdengar. Di maksimalkan 100 persen, suara tidak pecah. Kok bisa Xiaomi mendesain bodi yang sangat tipis, tapi suara tetap lantang dan jernih? Wajar jika Mi 11 Lite tidak diberikan lubang headphone jack 3.5 mm. Karena memang tidak perlu.

Baterai
Nah, ini mungkin jadi pertanyaan. Dengan ponsel setipis itu, bagaimana daya tahan baterai Mi 11 Lite? Lagi-lagi Sindonews dibuat terkejut. Dengan baterai hanya 4.250 mAh, diluar dugaan masih bisa digunakan seharian. Padahal, Sindonews termasuk heavy user.

Yang lebih menyenangkan, Mi 11 Lite sudah mendukung fast charging 33W. Bisa dibilang ini adalah fitur wajib di 2021. Kurang dari 1 jam, baterai sudah terisi full. Ah, menyenangkan. Bisa jadi keputusan memakai refresh rate 90 Hz ini sengaja untuk menjaga kondisi baterai tetap awet.

Kamera
Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Sebagai fashion phone, bagaimana kualitas kamera Mi 11 Lite? Apakah cukup untuk membuat konten di Instagram dan TikTok?

Jawabnya, sangat cukup. Menurut Sindonews, hasil kameranya cukup tajam. Dengan dynamic range luas. Juga warna natural. Bisa dibilang masih mirip Redmi Note 10 Pro. Konfigurasi kameranya adalah 64 MP f/1.8, 26mm (wide) dengan PDAF, 8 MP, f/2.2 (ultrawide), dan 5 MP, f/2.4, (macro).

Menurut Sindonews Mi 11 Lite memiliki tingkat eksposure yang lebih baik. Apalagi dalam hal video. Berikut beberapa hasil kameranya:

Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Hasil foto low light.

Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Ultra wide angle sangat bergunaketikasedang traveling seperti ini.

Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Akurasi warna kulit untuk memotret subyek manusia tetap terjaga dan tidak berlebihan.

Hebatnya, hasil rekam video 4K Mi 11 Lite tetap stabil karena OIS tetap aktif. Untuk kamera depan 16 MP, f/2.5, 25mm (wide), cukup baik dan lumayan lebar sudutnya. Memudahkan membuat vlog atau video TikTok. Sehingga lebih banyak latar yang bisa direkam.

Performa
Review Xiaomi Mi 11 Lite, Ponsel Cantik yang Cepat Bikin Jatuh Cinta

Mi 11 Lite yang sudah mendukung NFC ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 732G (8 nm) dan GPU Adreno 618. Ini adalah SoC yang sebenarnya masih aman untuk melahap game-game mainstream. PUBG Mobile? Oke. Mobile Legend? Tidak masalah.

Toh, RAM-nya sudah cukup besar. Yakni 6 GB dan 8 GB. Saran Sindonews, karena perbedaannya tipis, ambil varian tertinggi 8 GB + 128 GB di angka Rp4,1 juta.

Meski sama-sama berlabel Mi 11, tapi Mi 11 Lite tidak dirancang untuk fokus pada performa. Lebih kepada penggunaan harian. Tapi, yang jelas karena sangat ringan, bermain game terasa lebih nyaman. Lagi-lagi, karena baterainya hanya 4000-an, harus sering-sering nge-charge juga ya.


Kesimpulan
Saat membeli Mi 11 Lite, hal pertama yang akan kalian rasakan adalah kenyamanan dalam penggunaannya. Dan ini, menurut Sindonews sudah cukup untuk membuat jatuh cinta.

Desain yang tipis, ringan, dan compact, layar yang tajam, kamera mumpuni, serta warna-warna yang cantik, membuat Mi 11 Lite bak paket lengkap. Yang membuat sulit untuk tidak jatuh cinta pada ponsel ini setelah memakainya.

Harga Mi 11 Lite:
6 GB + 64 GB : Rp3.799.000
6 GB + 128 GB: Rp3.899.000
8 GB + 128 GB; Rp4.099.000
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)