ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dua Layar Paling Bertenaga

Rabu, 28 April 2021 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Salah satu kunci dari peningkatan ini adalah desain Arc Flow baru dengan sirip-sirip dengan bentuk mutakhir yang mampu menggerakkan udara secara lebih senyap. Setiap kipas memiliki 84 buah sirip yang memiliki ketebalan berbeda dari pangkal hingga ujungnya, untuk meningkatkan aliran udara. Selain itu, sirip-siripnya pun diberi pola gelombang khusus yang meminimalisir turbulensi serta suara berisik.

Kipas ini merupakan kipas pertama yang dibuat dengan liquid-crystal polymer versi baru dari ROG yang memungkinkan sirip setipis 0,1 milimeter cukup tangguh untuk berputar pada RPM tinggi.

Kombinasi bentuk bilah yang baru dan sirip yang tipis meningkatkan perputaran air hingga 13% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan 0dB Technology, kipas akan mati total saat temperatur CPU dan GPU turun ke temperatur tertentu dan bekerja dalam mode operasi Silent. Ini membuat cooling benar-benar tidak bersuara saat bekerja dengan beban ringan.

Demi mendinginkan lebih lanjut, CPU dilapisi oleh liquid metal compound dari Thermal Grizzly, bukan menggunakan thermal paste biasa. Melapiskan material ini merupakan hal yang biasa dilakukan dengan tangan. Akan tetapi, pendekatan itu akan sulit dilakukan dalam produksi massal.

Untuk itu, ROG kemudian menciptakan perangkat custom untuk mengotomatisasi proses pengolesan liquid metal compound tersebut secara mekanis dengan tingkat presisi yang tinggi, dan mendesain penampun khusus untuk menyimpan compound.

Untuk 2021 ini, ROG telah meng-update proses pengolesan compound tersebut ke laptop dengan prosesor AMD dan menambahkan langkah khusus untuk melindungi komponen di prosesor. Menggunakan liquid metal untuk mengakselerasi pelepasan panas dari chip terbaru AMD tersebut menyediakan keleluasaan untuk mode operasi yang berbeda, menurunkan tingkat kebisingan, menurunkan temperatur ataupun meningkatkan performa.

Komponen internal yang bertenaga terkadang membuat keyboard laptop menjadi terasa panas ketika digunakan untuk bermain game dalam durasi panjang, serta dalam load kerja yang berat. Zephyrus Duo 15 SE menggeser keyboard lebih dekat ke arah pengguna untuk menjaga tangan pengguna tetap jauh dari sumber panas di dalam mesin, sekaligus menyediakan ruang cukup untuk layar kedua.

Desain ini memungkinkan pengguna merebahkan pergelangan tangannya di meja, seperti halnya keyboard desktop serta pemasangan palm rest yang bisa dilepas demi meningkatkan kenyamanan pengguna. Sejumlah perbaikan dihadirkan pada area input utama, di bawah layar sentuh.

"Tombol-tombol hotkey dedicated disediakan untuk kontrol volume ataupun microphone dengan mudah. Sekelompok function keys terpisah juga ditempatkan untuk lebih mudah terlihat secara sepintas," pungkas Jimmy Lin
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3578 seconds (0.1#10.140)