Ini Barisan Aplikasi Berbasis App Store yang 'Mencuri' Data Pribadi Anda

Rabu, 17 Maret 2021 - 11:18 WIB
loading...
Ini Barisan Aplikasi Berbasis App Store yang Mencuri Data Pribadi Anda
Sebanyak 80% aplikasi berbasis App Store menggunakan data pengguna untuk memasarkan produk mereka sendiri di aplikasinya dan di platform lain.
CUPERTINO - Mulai Desember lalu, Apple menambahkan label privasi ke daftar aplikasi di App Store . Label mengungkap informasi bahwa setiap aplikasi memiliki akses ke pengguna iOS . Baca juga: Teriak Privasi, Aplikasi Apple Ternyata Ikut Kumpulkan Data Pengguna iPhone

Aplikasi yang sudah ada harus menyertakan informasi ini saat pertama kali diperbarui setelah 7 Desember. Dan beberapa perusahaan, seperti Google, menunda pembaruan aplikasi yang ada selama mungkin untuk mencegah label Privasi ditampilkan di daftar aplikasi mereka.

Instagram dan Facebook Pelanggar Terburuk
Apakah Anda ingin tahu aplikasi mana yang mengumpulkan dan membagikan data paling banyak? Beruntung ada pCloud yang dapat menangani pekerjaan melelahkan ini.
Ini Barisan Aplikasi Berbasis App Store yang 'Mencuri' Data Pribadi Anda

Phone Arena melaporkan, beberapa angka yang muncul luar biasa. Misalnya, 80% aplikasi menggunakan data pengguna untuk memasarkan produk mereka sendiri kepada Anda di aplikasinya dan di platform lain. Ada juga promosi dalam aplikasi untuk keuntungan perusahaan sendiri atau untuk kepentingan aplikasi pihak ketiga yang membayar layanan ini. Lihat juga: Segera Hapus, Aplikasi Berbahaya Incar Keamanan Rekening Bank

Setiap aplikasi mengumpulkan data dari 14 kemungkinan kategori termasuk: Pembelian; Lokasi; Info kontak; Kontak; Konten Pengguna; Sejarah pencarian; Sejarah Browser; Pengidentifikasi; Data Penggunaan; Diagnostik; Info Sensitif; Info Keuangan; Kesehatan & Data, dan data Lainnya.

Untuk menentukan aplikasi mana yang mengumpulkan data paling pribadi, pCloud mengatakan, mereka menganalisis "berapa banyak dari 14 kategori data yang mungkin dikumpulkan masing-masing di bawah bagian 'Periklanan atau Pemasaran Pengembang' Apple". Analisis pCloud mengungkapkan bahwa Instagram dan Facebook sama-sama berada di urutan teratas sebagai pelanggar terburuk dalam mengumpulkan data Anda untuk keuntungannya sendiri.



Kedua aplikasi, yang dimiliki oleh Facebook, menggunakan 86% data Anda sendiri untuk menjual produknya kepada Anda sambil menampilkan iklan yang relevan untuk perusahaan lain.

Klarna dan Grubhub adalah yang berikutnya, keduanya mengumpulkan 64% data Anda. Aplikasi tersebut diikuti oleh Uber dan Uber Eats (57%) dan enam aplikasi yang mengambil setengah dari data pribadi Anda (eBay, Just Eat, LinkedIn, Twitter, YouTube, dan YouTube Music).
Ini Barisan Aplikasi Berbasis App Store yang 'Mencuri' Data Pribadi Anda

Data pribadi yang digunakan aplikasi ini termasuk tanggal lahir untuk menawarkan diskon, dan waktu Anda menggunakan aplikasi tersebut setiap hari. Jika sebuah perusahaan tahu bahwa Anda biasanya membuka aplikasinya pada waktu tertentu selama hari tertentu, mereka akan tahu kapan harus mengeluarkan kupon sesuai keinginan Anda.

pCloud mencatat dalam laporannya bahwa "YouTube bukanlah yang terburuk dalam hal menjual informasi Anda. Penghargaan itu diberikan kepada Instagram, yang secara mengejutkan membagikan 79% data Anda dengan perusahaan lain. Termasuk segala sesuatu mulai dari informasi pembelian, data pribadi, dan riwayat penjelajahan.

Tidak heran ada begitu banyak konten yang dipromosikan di feed Anda. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, mengkhawatirkan Instagram adalah pusat untuk berbagi data pengguna dalam jumlah besar.

Di tempat kedua adalah Facebook, yang memberikan 57% dari data Anda. Sementara LinkedIn dan Uber Eats sama-sama menjual 50% data penggunanya. Faktanya, dalam hal aplikasi makanan, Just Eat, Grubhub, dan My McDonald's adalah satu-satunya tiga dalam studi kami yang tidak memberikan apa-apa sama sekali, sebagai gantinya menggunakan data Anda untuk pelacakan lokasi dan kebutuhan pemasaran mereka sendiri.



Menurut penelitian tersebut, pCloud menyebut 20 aplikasi sebagai yang paling aman untuk digunakan. 14 di antaranya tidak membagikan data Anda dengan pihak ketiga. Aplikasi tersebut termasuk Signal, Clubhouse, Netflix, Microsoft Teams, Google Classroom, Shazam, Etsy, Skype, Telegram, Boohoo, Amtrak, Zoom, Shop, dan IRS2Go. Enam aplikasi lainnya yaitu, BBC iPlayer, BIGO Live, Buzzfeed, Discord, Likke, dan Shein masing-masing membagikan 2% data pribadi Anda dengan pihak ketiga.

Laporan tersebut menyatakan 52% aplikasi App Store akan membagikan data Anda dengan pihak ketiga. Seperti yang dikatakan pCloud, "Aplikasi mengumpulkan data Anda karena banyak alasan. Salah satu alasan awal untuk hal ini adalah untuk membuat pengalaman Anda lebih baik, melacak bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka untuk memperbaiki bug dan meningkatkan cara kerjanya. Namun, mereka juga menggunakan informasi untuk menargetkan Anda dengan iklan di semua platform." Baca juga: Polda Metro Jaya Akan Resmikan 98 ETLE di Jakarta, Depok dan Bekasi
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE