Pembaruan Google Search, Hadirkan Alat Penghapus Info Pribadi

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 08:31 WIB
loading...
Pembaruan Google Search, Hadirkan Alat Penghapus Info Pribadi
Google Search telah memperkenalkan alat yang memungkinkan pengguna meminta penghapusan informasi pribadi yang ditemukan dalam Penelusuran. Foto/Marshable/xda-developers
A A A
MENLO PARK - Google Search telah memperkenalkan alat yang memungkinkan pengguna meminta penghapusan informasi pribadi yang ditemukan dalam Penelusuran. Sekarang, Google mengambil langkah untuk memperluas alat ini agar lebih meningkatkan privasi dan keamanan pengguna.

Kabar dari blog The Keyword Google, perusahaan jasa dan produk internet ini membangun alat Result (Hasil pencarian) tentang Anda yang diluncurkan tahun lalu. Saat dirilis, alat tersebut memberi pengguna kemampuan untuk menghapus informasi pribadi dari Google Search, seperti nomor telepon pribadi, alamat rumah, dan alamat email.

Alat yang sama itu kini telah berevolusi, dan secara otomatis akan mengawasi informasi pribadi baru yang mungkin muncul di internet dan akan mengingatkan pengguna agar dapat dihapus. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini tidak sepenuhnya otomatis, tetapi itu adalah sesuatu datang pada pembaruan selanjutnya.



Selain itu, Google Search akan mendapatkan dasbor yang diperbarui untuk mengakomodasi fitur baru ini. Jadi membuatnya lebih mudah untuk melacak dan menghilangkan informasi pribadi dari Google Search.

“Untuk saat ini, alat tersebut hanya akan tersedia bagi mereka yang berada di Amerika Serikat, dan dalam bahasa Inggris. Perusahaan menyatakan sedang berupaya untuk memperluas fitur ke lebih banyak wilayah dan bahasa di masa mendatang,” tulis laman xda-developers yang dikutip SINDOnews, Jumat (4/8/2023).

Google juga membuat Pencarian sedikit lebih aman dengan mengaburkan konten grafis dan dewasa secara default. Fitur SafeSearch yang baru akan diluncurkan bulan ini dan dapat dinonaktifkan jika diperlukan.

Selain itu, perusahaan memperbarui kebijakannya terkait gambar eksplisit pribadi di internet, sehingga memudahkan orang untuk menghapus konten semacam ini dari Penelusuran. Google memperingatkan bahwa meskipun dapat menghapus hasil pencarian, ini tidak menghapus konten dari internet.



Jadi jika itu adalah tujuan pengguna, mereka harus melalui saluran lain untuk mencapainya. Meskipun demikian, ini masih merupakan langkah besar untuk memastikan keamanan privasi, yang akan disukai banyak orang.

“Google sekarang membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menghapus informasi pribadi dari hasil pencariannya,” keterangan xda-developers.
Pembaruan Google Search, Hadirkan Alat Penghapus Info Pribadi


Sebelumnya, Google Search hanyalah alat untuk membantu kita menemukan informasi tentang suatu subjek di internet. Namun Google Penelusuran sebenarnya telah berkembang menjadi lebih dari itu selama beberapa tahun terakhir.

Di antaranya, membantu pengguna merencanakan penerbangan untuk perjalanan, menghemat uang untuk penerbangan, melindungi privasi mereka, dan banyak lagi. Jadi mesin pencari ini sudah begitu populer bagi pengguna di era digital saat ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7032 seconds (0.1#10.140)